Tips Pramuka

Ingin Membiasakan Hidup Percaya Diri? Lakukan Tipsnya

percaya diri

Terbiasa aktif dalam segala hal kebaikan bisa membiasakan anda untuk hidup dengan percaya diri. Salah satu kegiatan aktif itu adalah sering berbicara di depan umum seperti mengajar.

by: kompasiana.com

Sebagian orang merasa sulit untuk membangun rasa percaya dirinya. Selalu saja merasa takut, takut dan takut gagal saat akan mencoba. Padahal menumbuhkan rasa percaya diri itu sangatlah mudah. Karena anda hanya perlu mengubah mindset negatif menjadi positif. Justru yang sulit itu memelihara dan membiasakan hidup dengan percaya diri.

Buang rasa malu dan takut akan kegagalan

Jika ingin menjadi orang yang penuh dengan rasa percaya diri. Maka anda harus membuang jauh-jauh rasa malu dan takut akan kegagalan. Ingat, jangan pernah malu untuk melakukan kebaikan. Begitupun jangan pernah takut gagal untuk mencoba kebaikan.

Jadi diri sendiri tanpa harus meniru orang lain

Orang yang percaya diri akan selalu yakin akan kemampuan dirinya sendiri. Dia tidak akan mau meniru apa yang dimiliki oleh orang lain. Karena kebaikan yang ada pada dirinya diyakini bisa membuat sukses.

Biasakanlah untuk selalu percaya diri. Peliharalah rasa percaya diri itu dengan menjadi diri ada sendiri. Karena setiap orang memang diciptakan berbeda-beda.

Gali kemampuan yang anda miliki

Setiap orang pasti memiliki kemampuan dan kelebihan yang berbeda-beda. Jika anda ingin membiasakan untuk selalu percaya diri. Maka jangan berhenti untuk menggali kemampuan diri itu. Jadikan kemampuan itu menjadi ciri khas anda.

Tapi ingat, memunculkan kemampuan anda dan menjadi percaya diri. Jangan membuat diri anda menjadi orang yang sombong ya.

Perluas ilmu dan pengetahuan

Dengan menambah ilmu, wawasan dan pengetahuan bisa membantu anda untuk hidup dipenuhi dengan rasa percaya diri. Karena salah satu alasan mengapa tidak percaya diri adalah kurangnya pengetahuan.

Maka perluas dan perbanyaklah ilmu dan pengetahuan anda. Seperti pepatah lebih baik tahu sedikit tentang banyak hal daripada tahu banyak tentang sedikit hal.

Sering berlatih berbicara dan berpendapat

Jika anda selalu merasa malu untuk berbicara di depan orang banyak atau berpendapat. Itu terjadi karena belum terbiasa. Jika sudah terbiasa, maka anda tidak akan merasa malu lagi.

Tentu saja jika ingin terbiasa, maka harus selalu dilatih. Berlatihlah secara rutin dan lakukan secara bertahap. Sehingga anda bisa membiasakan hidup dengan rasa percaya diri.

Selalu berperan aktif

Berperan aktiflah dalam segala hal, dimana pun dan kapan pun. Ini bisa dilatih saat anda dalam perkumpulan, misalnya komunitas, keluarga, atau organisasi. Jika anda sudah terbiasa berperan aktif, itu tandanya anda sudah bisa membiasakan hidup dengan rasa percaya diri yang baik.

Jangan berhenti untuk membiasakan hidup dengan percaya diri

Pembiasaan itu dimulai dari latihan yang dilakukan secara terus menerus. Jika anda masih belum terbiasa hidup dengan percaya diri. Maka teruslah mencoba dan berlatih sampai akhirnya bisa menjadi terbiasa.

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2018, Scout.ID.

To Top