delivery goodnews

Ingin Tahu Tips Membuat Diskusi Menjadi Aktif?

Mengikuti diskusi bukan hanya mendengarkan apa yang orang lain katakan. Melainkan kita sendiri harus ikut aktif saat berdiskusi. Kita harus berpartisi dengan mengatakan pemikiran kita bukan hanya diam dan mendengarkan. Biasanya kita diam saat diskusi karena malu atau tidak paham akan masalah yang sedang dibahas. Oleh karena itu, cobalah tips membuat diskusi menjadi aktif berikut.

Apa saja tips membuat diskusi menjadi aktif itu?

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat diskusi menjadi aktif. Kuncinya kita harus selalu percaya diri dengan pemikiran kita, jangan pernah malu untuk bertanya atau menanggapi, dan buatlah diskusi itu menjadi serius tapi santai.

Selalu tampil percaya diri

Saat diskusi kita dituntut untuk aktif. Sehingga harus memiliki keberanian agar bisa aktif yaitu dengan percaya diri. Jangan pernah malu untuk menyampaikan pendapat kita saat diskusi. Karena dengan mengesampingkan rasa malu itu bisa membuat diskusi menjadi aktif dan tentu lebih menyenangkan.

Buat suasana diskusi menjadi sersan

Terkadang orang malas untuk ikut berdiskusi karena suasananya yang terlalu serius. Suasana diskusi sudah seperti sidang besar. Padahal diskusi tidak harus kaku seperti itu. Buatlah suasana diskusi yang lebih santai namun tetap serius. Meskipun suasana diskusinya santai, tapi masih tetap bisa membedakan waktu ketika harus serius atau bercanda.

Dengan membuat suasana sersan alias serius tapi santai ini bisa membuat diskusi menjadi aktif. Selain aktif juga menarik dan semakin menambah minat untuk selalu berdiskusi. Pikiran kita pun akan lebih terbuka jika suasananya menyenangkan.

Pahami bahan diskusi

Hal yang paling penting untuk diperhatikan saat diskusi adalah memahami bahan diskusi. Jangan sampai kita tidak memahami hal apa yang sedang didiskusikan. Karena jika kita tidak paham, tentu hanya akan diam tak ikut menyampaikan pendapat.

Oleh karena itu, perhatikan topik diskusi dari awal. Sehingga kamu bisa paham akan bahasan diskusi. Kalau sudah paham, kamu pun akan menyampaikan pendapatmu dan membuat diskusinya menjadi aktif.

Jangan malu untuk bertanya

Malu adalah sikap yang sering terjadi saat diskusi. Kenapa kita harus malu untuk bertanya atau menyampaikan pendapat kita saat diskusi? Toh tujuan diskusi adalah untuk membuka pemahaman kita. Jadi janganlah malu untuk bertanya.

Karena dengan bertanya berarti kita memperhatikan diskusi tersebut. Selain itu juga bisa menambah pengetahuan kita. Buatlah diskusi menjadi aktif dimulai dengan tidak malu untuk bertanya.

Jangan menunggu orang lain berbicara terlebih dahulu

Kebiasaan salah saat mengikuti diskusi adalah saling menunggu orang lain untuk berbicara lebih dulu. Padahal sikap seperti ini justru akan membuat diskusi tidak aktif. Selagi kita sudah siap untuk berbicara mulailah lebih awal jangan menunggu orang lain dulu. Karena jika kita berani memulai, tentu yang lain juga akan berani untuk ikut berbicara.

you're currently offline