in

Bosan Latihan Pramuka Yang Monoton, Ini Cara Mengatasinya

mengatasi latihan pramuka yang monoton
Bosan saat mengikuti latihan rutin pramuka sering dirasakan oleh anggota. Hal ini terjadi karena suasana latihan yang begitu-begitu saja tanpa ada inovasi baru. Jika sudah terjadi seperti ini, sebaiknya segera mencari solusinya. Berikut adalah cara mengatasi latihan pramuka yang monoton.

Bosan saat mengikuti latihan rutin pramuka sering dirasakan oleh anggota. Hal ini terjadi karena suasana latihan yang begitu-begitu saja tanpa ada inovasi baru. Jika sudah terjadi seperti ini, sebaiknya segera mencari solusinya. Berikut adalah cara mengatasi latihan pramuka yang monoton.

Ciptakan suasana baru untuk mengatasi latihan pramuka yang monoton

Latihan pramuka akan terasa membosankan jika metode latihan yang itu-itu saja. Cobalah untuk menciptakan suasana baru dan berbeda disetiap latihan pramuka. Misalnya dengan mengikutsertakan anggota untuk memimpin latihan jadi tidak selalu disampaikan oleh pembina.

Melakukan latihan diluar ruangan

Jangan biasakan melakukan latihan pramuka diluar diruangan jika hanya ada praktiknya saja. Usahakan untuk latihan diluar ruangan meskipun yang disampaikan hanyalah materi. Hal ini dilakukan agar anggota tidak bosan.

Apalagi jika sebelum latihan, anggota sudah lama berada di dalam kelas untuk mengikuti pelajaran di sekolah. Jadi melakukan latihan di luar ruangan sangat cocok untuk menghindari rasa bosan latihan.

Mengikutsertakan anggota dalam memimpin latihan

Saat latihan, biasanya anggota pramuka hanya menerima arahan atau materi dari pembina atau pelatihnya. Padahal hal ini tidak boleh dilakukan terus menerus, karena akan membuat anggota merasa bosan. Cobalah untuk mengikutsertakan anggota dalam memimpin latihan.

Sehingga anggota tersebut akan memiliki tanggungjawab untuk menyiapkan materi terlebih dahulu. Jika ini dilakukan, selain tidak membuat bosan, pembina atau pelatih juga bisa mengetahui sejauh mana kemampuan anggotanya dalam memahami materi yang disampaikannya.

Hindari waktu kosong saat latihan

Saat latihan biasanya ada waktu kosong, entah itu karena sedang menulis materi yang akan disampaikan, materi yang disampaikan sudah selesai sebelum waktunya habis atau yang lainnya. Biasanya saat ada waktu kosong ditengah latihan, para anggota akan diam atau mengobrol. Hal ini tentu menjadikan latihan tidak efektif.

Oleh karena itu, seorang pembina atau pelatih harus bisa menghindari waktu kosong ini. Jika ada waktu kosong, manfaatkanlah untuk diisi dengan kegiatan lain misalnya dengan games, membuat kuis seputar materi yang sudah disampaika, atau sekedar berbagi cerita pengalaman yang mengesankan dari anggota. Dengan demikian, tidak akan ada waktu kosong saat latihan dan anggota pun tidak akan merasa bosan.

Menyampaikan materi melalui permainan

Agar ada inovasi baru saat latihan. Cobalah untuk kreatif dengan cara menyampaikan materi latihan dengan permainan. Latihan bisa dilakukan dengan penuh permainan. Namun permainannya harus berisi pelajaran agar ada hasil yang didapatkan. Anggota pun tidak hanya merasa senang dengan permainannya, tapi juga bisa mendapatkan ilmu kepramukaannya.

Biasakanlah untuk membuat latihan yang menarik

Suasana monoton bisa membuat anggota bosan dan malas untuk latihan. Jadi mulai saat ini, yuk kita membuat inovasi baru saat latihan. Biasakanlah untuk menciptakan suasana latihan yang menarik. Sehingga pramuka selalu semangat untuk latihan. Sekali saja suasananya monoton, pasti akan banyak anggota pramuka yang mundur.

Report

What do you think?

cara membangkitkan semangat latihan pramuka

Inilah 3 Cara Membangkitkan Semangat Latihan Pramuka

Profesionalisme Wartawan Dituntut Dalam Mendukung Usaha Media Pers