delivering goodnews
#SetiapPramukaAdalahPewarta

Diskusi Tapi Tak Ada Hasilnya? Coba Lakukan Tips Mengefektifkan Diskusi Ini

Seorang pemimpin diskusi harus bisa mengatur jalannya diskusi dengan baik. Harus bisa mengarahkan peserta diskusi untuk aktif. Namun terkadang keaktifan peserta membuat diskusi menjadi tidak efektif. Banyak waktu terbuang, bahkan bukan saling bertukar pikiran tapi malah terjadi perdebatan. Namun tak perlu khawatir, karena ada tips mengefektifkan diskusi yang harus kamu coba.

Komunikasi efektif bisa mengefektifkan diskusi

Semua orang bisa berkomunikasi namun tak semuanya bisa berkomunikasi dengan efektif. Komunikasi efektif adalah komunikasi yang bisa menimbulkan feedback (umpan balik) sehingga terjadi kesamaan pemahaman. Sehingga dengan munculnya kesamaan pemahaman bisa membuat diskusi kita menjadi efektif pula.

Gunakan waktu diskusi semaksimal mungkin

Orang bijak adalah orang yang bisa menghargai waktu. Seperti halnya dalam diskusi, kita harus bisa memaksimalkan waktu yang ada. Jangan terlalu banyak membahas hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan topik diskusi.

Diskusi yang efektif bisa tercipta dengan cara menggunakan waktu dengan baik. Sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. Oleh karena itu, seorang pemimpin diskusi harus bisa tegas dan bisa mengatur waktu berjalannya diskusi.

Hargailah pendapat orang lain

Hal tersulit yang harus kita lakukan dalam diskusi adalah menghargai pendapat orang lain. Mengapa sulit? Karena selalu menganggap pendapat sendiri itu lebih baik daripada orang lain. Hal ini tentu tidak boleh terjadi. Karena yang terpenting dalam diskusi adalah harus bisa menghargai pendapat orang lain.

Baik itu pendapat yang baik atau pun buruk maka harus selalu dihargai. Dengan menghargai pendapat orang lain akan kecil kemungkinan munculnya perdebatan. Jika tidak terjadi perdebatan yang hebat tentu akan membuat diskusi menjadi efektif.

” Jangan pernah menganggap bahwa diri kita yang paling baik dan benar dari orang lain”

Hindari perdebatan yang tidak perlu

Perdebatan pasti biasa terjadi dalam diskusi. Namun tak jarang, hal yang didebatkan itu keluar dari topik diskusi. Perdebatan di luar topik diskusi tentu tidak perlu dilakukan. Karena perdebatan seperti inilah yang akan membuat diskusi tidak efektif. Akan banyak waktu terbuang dengan percuma. Jadi hindarilah perdebatan yang tidak perlu dan fokuslah pada topik diskusi.

Selalu atur emosi

Emosi kesal, marah, seringkali muncul dalam diskusi sehingga menggunakan nada tinggi saat berbicara. Ingat, nada bicara kita akan menentukan umpan balik dan pemahamannya seperti apa. Jika nada bicara kita tinggi tentu akan membuat orang yang menerimanya merasa kesal. Sehingg bisa menimbulkan perdebatan.

Sangat penting untuk bisa mengatur emosi saat berdiskusi. Jangan mudah marah dan menggunakan nada tinggi saat berbicara. Santai saja sehingga orang lain bisa menghargai pendapat kita.

Jujur dalam mengakui kesalahan

Tidak semua pendapat dalam diskusi itu benar. Pasti akan ada pendapat yang salah. Jika kita memberikan pendapat yang salah, maka harus segera mengakuinya. Jangan membela diri, dan bertele-tele untuk mempertahankan pendapat yang salah tersebut. Langsung akui saja jika memang pendapat itu salah. Sehingga tidak akan membuang waktu dan bisa mengefektifkan diskusi.

Perbaiki semuanya mulai dari diri sendiri

Diskusi yang tidak efektif bisa muncul karena adanya kesalahan. Jadi mulailah memperbaiki kesalahan itu dari diri sendiri. Jangan menunggu orang lain terlebih dahulu yang harus memulai perubahan ke arah yang lebih baik.  

you're currently offline