in

Oded M Danial: Kwarcab Kota Bandung Harus Semangat Terapkan Pramuka Pada Generasi Milenial

Bandung – Tumbuh kembangnya Pramuka sebagai kegiatan ekstrakulikuler dari waktu ke waktu dituntut lebih mampu menarik perhatian kaum muda dengan materi  latihan yang disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Terlebih saat ini kalangan muda yang kini didominasi generasi milenial dengan cirinya yang lebih cekatan, hidup dalam teknologi kekinian, pastinya pramuka diharapkan menjadi semakin cerdas dalam melangkah kedepan.

“Tantangan yang dihadapi Gerakan pramuka sangatlah berat, setiap hari semakin sedikit generasi muda yang jadi anggotanya, generasi milenial yang lebih cekatan hidup dalam teknologi kekinian kurang mengenal gerakan pramuka. Semua ini merupakan tantangan dari pada andalan dan juga badan kelengkapan organisasi pendukung Kwarcab Pramuka kota Bandung untuk lebih terus semangat menerapkan pramuka pada generasi milenial,” ucap Walikota Bandung, Oded M Danial usai dilantik sebagai Ka Kwarcab Kota Bandung periode 2019-2024 di Pendopo Kota Bandung, Jl. Daleum Kaum Bandung, Kamis (12/9/2019).     

Kehadiran Gerakan pramuka di era kekinian di kalangan generasi muda masih relevan sebagai wadah penanaman sikap mental terutama pada generasi milenial yang akan mengambil alih pucuk pimpinan pada saat Indonesia emas di masa mendatang disamping itu keberadaan Gerakan anak muda yang tergabung ke dalam organisasi gerakan pramuka akan banyak memberikan kontribusi nyata mengantisipasi percapatan zaman yang ditandai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

“Untuk bisa menarik minat generasi milenial di kota Bandung, Kwarcab Pramuka harus merevitalisasi dirinya karena tantangan yang dihadapi berbeda dengan apa yang dihadapai di masa lalu. Kwarcab kota Bandung merevitalisasi diri dengan cara Menambah materi latihan kepada anggotanya seperti kewirausahaan, teknologi internet, robotik dan lainnya.” Lanjut Kak Oded.

Hadir dalam upacara pelantikan Andalan, Pengurus Badan Kelengkapan, dan Organisasi Pendukung Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Bandung masa bakti 2019-2024 tersebut Ka Kwarda Jabar, Dede Yusuf Efendi dan sejumlah undangan lainnya.

life skill, soft skill, dan jiwa patriotism

“Tentang generasi milenial, saya menitik beratkan kembali tugas kita untuk mempersiapkan generasi muda untuk masuk ke dunia kompetisi dan membimbing generasi milenial ini melalui tiga faktor yakni life skill, soft skill, dan unggul dalam jiwa patriotism dan saya yakin pramuka kota Bandung bisa menjadi lebih hebat lagi apalagi langsung dipantau oleh Ka Mabicab  sekaligus Ka Kwarcab Kota Bandung.” Harap kak Dede.

Sumber : Benny K/Andri/ Humas Kwarcab Kota Bandung/ Scout.ID/ BSN

Report

What do you think?

Final Gudep Unggul & Pramuka Penggalang Ceria 2019

tari kusuka yuda banjarnegara

Pramuka Diandalkan Sebagai Benteng Penjaga Keutuhan NKRI