in

Persami Saka Wira Kartika Wujudkan Ketahanan Nasional

persami saka wira kartika aceh

Meulaboh – Saka Wira Kartika Kodim 0105 Aceh Barat menggelar kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami). Kegiatan ini akan berlangsung pada 16-17 November 2019 di Paya Peunaga, Meureubo.

“Kegiatan Persami Saka Wira Kartika merupakan salah satu kegiatan gerakan pramuka untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai pemimpin-pemimpin bangsa dimasa depan,” kata Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Suhadi, saat memimpin upacara pembukaan, Jumat (15/11/2019).

Pramuka sarana pembentukkan akhlak

Sambung Kak Suhadi, gerakan pramuka hakikatnya pendidikan non formal sebagai wadah pengembangan potensi diri dan pembentukan akhlak mulia.

“Gerakan pramuka juga melahirkan kader-kader pemuda tangguh dan cerdas, sebagai penerus estafet pembangunan bangsa,” sambungnya.

Maksud dari pembentukan karakter, ialah berkepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan pekerja keras demi mendorong kemajuan serta keberhasilan pencapaian cita-cita bangsa dan negara indonesia.

“Dalam tatanan dunia global, bangsa dan negara membutuhkan kaum pemuda-pemudi yang memiliki rasa cinta tanah air, kepribadian yang kuat dan tangguh, rasa kesetiakawanan sosial yang tinggi, kejujuran, toleransi, kemampuan bekerja sama, tanggung jawab, serta kedisiplinan untuk membela dan membangun bangsa yang besar,” tuturnya.

Generasi muda adalah agen perubahan

Kak Suhadi menjelaskan, generasi muda merupakan agen perubahan, diharapkan mampu memberikan pembelajaran kepada masyarakat untuk lebih memahami lingkungan sekitar dan memiliki wawasan pengetahuan yang lebih luas. Tidak hanya itu, generasi muda juga harus memiliki semangat berjuang (fighting spirit) untuk mendorong perubahan baik dalam diri sebagai individu maupun dalam kelompok masyarakat.

“Sehingga diharapkan memiliki kemampuan yang mandiri dan unggul dalam berkompetisi demi meraih kemajuan masyarakat di wilayahnya,” jelasnya.

Persami wujudkan ketahanan nasional

Suhadi berharap, kegiatan Persami Saka Wira Kartika dapat meningkatkan dan mengembangkan gerakan pramuka sebagai salah satu kegiatan awal pendidikan pendahuluan bela negara dan wadah pembinaan karakter generasi muda bangsa dengan materi dasar yaitu Krida Navigasi Darat, Krida Pioneer, Krida mountaineering, Krida survival dan Krida penanggulangan bencana.

“Dalam hubungan ini, nantinya persami saka wira kartika ini, tak bisa dilepaskan dari upaya kita untuk mewujudkan ketahanan nasional yang mantap, sehingga selalu siap dalam menghadapi segala bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan (AGHT) yang menghadang di depan kita,” tutupnya.

Report

What do you think?

kak adang dalam rapat koordinasi kwarda dan kwarcab untuk penilaian kwarcab tergiat

Jelang Musda 2020, Jabar Mulai Penilaian Kwarcab Tergiat

sepayung wpap pada festifal petualang nusantara 2019

Kapan Lagi Selfie Bareng di Spot Keren?