delivering goodnews
#SetiapPramukaAdalahPewarta

Persiapan sebelum Mendaftar Kuliah melalui Jalur Prestasi

Masuk kuliah jalur prestasi ke kampus negeri favorit makin diincar calon mahasiswa. Tak terkecuali pramuka yang kini dapat angin segar bahwa aktif di pramuka mulai diakui sebagai prestasi yang bisa menjadi tiket masuk kuliah tanpa tes.

Perguruan tinggi terbaik di negeri ini seperti ITB, UI, UGM, IPB, dan tempat kuliah berstatus negeri lainnya membuka jalur prestasi. Baru-baru ini, Kwarda Jawa Barat telah merintis kerjasama dengan IPB memberi kesempatan kepada pramuka untuk masuk kuliah IPB melalui jalur prestasi.

Siapkan prestasi diri sebelum masuk jalur prestasi

Prestasi berasal dari bahasa Belanda. Artinya hasil dari usaha. Prestasi diperoleh dari usaha yang telah dikerjakan. Dari pengertian tersebut, maka pengertian prestasi diri adalah hasil atas usaha yang dilakukan seseorang.

Selain prestasi diri, ada juga prestasi akademik. Prestasi akademik adalah istilah untuk menunjukkan suatu pencapaian tingkat keberhasilan tentang suatu tujuan karena suatu usaha belajar telah dilakukan oleh seseorang secara optimal.

Prestasi yang ditentukan

Kampus-kampus biasanya menentukan jenis pencapaian apa saja yang dianggap prestasi sehingga layak diberikan jalur khusus. Prestasi akademik tentu saja menjadi pertimbangan. Prestasi non akademik harus disiapkan. Prestasi non-akademik merupakan pencapaian baik oleh siswa sewaktu mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

Perhatikan apa yang diminta oleh kampus tujuan. Prestasi akademik biasanya standar saja. Patokannya nilai rapor pada pelajaran-pelajaran tertentu. Misalnya kelompok pelajaran MIPA.

Sedangkan prestasi non akademik biasanya menang lomba, aktif organisasi tertentu, keikutsertaan dalam kegiatan nasional atau internasional. Bahkan ada kampus-kampus yang menilai prestasi non akademik dari aktivitas hobi yang ditekuni.

Hobi yang ditejuni contohnya, blogger, youtuber, broadcaster, pramuka, dan kegemaran lainnya. Tentu saja dengan syarat dan pencapaian minimal yang ditentukan. Kalian bisa mengeksplorasi hobi lain yang mungkin bisa dijadikan prestasi.

Nilai akademik minimal

Nilai akademik tetap saja penting untuk diraih selain prestasi non akademik yang membanggakan. Karena pihak kampus perguruan tinggi tidak mau mahasiswanya ketinggalan dalam mengikuti proses perkuliahan, dan hampir matakuliah sangat mengandalkan kemampuan akademis.

Biasanya, kampus menentukan nilai akademik minimal untuk setiap jenis prestasi yang menjadi prasyarat pendaftaran mahasiswa baru jalur prestasi. Bahkan ada pelajaran prioritas yang harus mencapai rata-rata tertentu dalam sekian semester.

Misalnya, jalur prestasi pramuka untuk masuk kuliah IPB mensyaratkan nilai rata-rata 8,0 untuk mata pelajaran matematika, fisika, kimia, dan biologi. Syarat-syarat itu bukan bertujuan memberatkan. Sangat mungkin, karena jurusan yang tersedia memang menuntut kemampuan spesial di setiap pelajaran itu.

Bahasa dan matematika bernilai baik

Apapun jurusannya, pastikan pelajaran bahasa dan matematika bernilai baik. Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris harus baik. Jurusan tertentu seperti pendidikan agama Islam pada universitas di bawah lingkungan Kementerian Agama menuntut kemampuan bahasa arab.

Bisa berbahasa asing secara aktif akan bernilai lebih. Misalnya, Anda kurang mampu berbahasa inggris tapi menguasai bahasa jepang dan berbicara fasih, tentu saja menjadi kelbihan yang sulit disaingi kandidat lain.

Jika kamu memiliki skor TOEFL atau IELTS, itu menjadi nilai lebih. Kemampuan bahasa inggris yang dibuktikan skor TOEFL atau IELTS sering diminta oleh kampus saat pendaftaran mahasiswa baru, namun sifatnya opsional alias tidak wajib. Tapi kalau ada, itu sangat mendukung prestasi kamu.

Surat keterangan kelakuan baik

Surat keterangan kelakuan baik diterbitkan oleh kepolisian. Namanya Surat Keterangan Catatan Kepolisian disingkat SKCK. Dokumen SKCK ini sering diminta oleh panitia-panitia pendaftaran mahasiswa baru di kampus, melamar pekerjaan, atau mengurus dokumen keimigrasian, dan lain-lain.

Sebenarnya ini prestasi yang dianggap tinggi oleh berbagai kalangan. Intinya, jangan punya catatan buruk di kepolisian. Hindari ikut tawurang, tertangkap karena perkelahian, ketidakpatuhan terhadap tata tertib di jalan raya, perbuatan asusila, dan kelakuan buruk lainnya.

Kalau perilaku buruk itu tercatat di kepolisian, maka tercorenglah nama baikmu untuk beberapa waktu tertentu dan mengganggu catatan di SKCK.

Selain SKCK, ada surat keterangan lain yang sangat penting. Yaitu surat keterangan sehat dan surat keterangan bebas narkoba. Dapatkan keterangan itu di puskesmas atau rumah sakit umum yang terdekat atau yang biasa menjadi referensi kampus tujuan. Khusus surat keterangan bebas narkoba harus ke rumah sakit atau badan narkotika.

Dokumen dan catatan prestasi

Berprestasi tapi tidak ada dokumennya. Sayang sekali. Itulah alasannya mengapa sertifikat dan piagam masih laku di negeri kita ini. Sertifikat dan piagam sering tertukar penerapannya. Sertifikat biasanya terkait dengan prestasi pencapaian kemampuan tertentu. Piagam biasanya menandakan keikutsertaan suatu kegiatan yang diberikan sebagai penghargaan atau catatan monumental.

Jika kamu mengikuti kegiatan jambore maka kamu harusnya mendapatkan piagam tanda keikutsertaan kegiatan. Jika kamu menang lomba maka perlu ada dokumen berupa piagam predikat juara.

Piagam berbeda dengan sertifikat. Sertifikat terkait dengan pencapaian kemampuan pada bidang keterampilan tertentu. Misalnya kamu ikut ekstrakurikuler karate, Maka kamu akan mendapat sertifikat jika mencapai sabuk kuning. Atau kamu aktif pramuka di golongan penegak, maka kamu harusnya mendapatkan sertifikat ketika naik tingkat bantara, laksana, atau garuda.

Ada pula surat keputusan, surat keterangan, dan surat-surat lainnya. Surat keputusan disingkat SK terkait dengan pengangkatan pada jabatan di organisasi. Misalnya menjadi pengurus OSIS, PMR, Dewan Ambalan Penegak dalam pramuka, Paskibra, klub sepeda, kelompok melukis, kelompok karya ilmiah, dan ekstrakurikuler lainnya.

Surat-surat keterangan perlu dikumpulkan juga. Misalnya surat keterangan telah melakukan sesuatu yang baik dan luar biasa tapi tidak ada pihak yang memberi dokumen berupa piagam tertentu. Contohnya, kamu melakukan pendakian ke gunung semeru bersama teman sebaya di sekolah lain. Tunjukkan bukti-bukti pencapaianmu itu dan minta keterangan ke pihak sekolahmu dan pihak penanggung jawab pendakian di Gunung Semeru.

Dokumen berupa sertifikat, piagam, dan surat, sedemikian pentingnya. Lengkapi dokumen-dokumen prestasi itu dengan foto-foto yang mampu menceritakan pencapaian prestasi itu. Kalau perlu sediakan narasi dalam bentuk artikel yang tertata dengan baik pada blog dan akun media sosial.

Prestasi-prestasi pendukung

Ada prestasi utama, ada prestasi pendukung. Prestasi utama antara lain: pencapaian nilai akademik di rapor dan prestasi khusus sesuai permintaan masuk perguruan tinggi jalur prestasi.

Sedangkan prestasi pendukung adalah segala jenis pencapaian baik. Ya, pencapaian yang bahkan tidak diminta secara khusus di persyaratan mendaftar jalur prestasi itu.

Ijazah pendidikan sebelumnya

Ijazah SD dan SMP sangat penting saat mendaftar kuliah, terutama untuk kamu yang mau mandaftar kuliah dan mencari beasiswa.

Ijazah hilang? Banyak kasus ijazah hilang. Jaga ijazahmu jangan sampai hilang. Kasus ijazah hilang akan mengganggu perjalananmu saat mendaftar kuliah. Ijazah yang hilang tidak dapat diganti dengan penerbitan ijazah baru. Tapi kalau ijazahmu hilang, masih bisa diganti dengan surat keterangan. Segera meminta surat keterangan ke sekolah asal.

Kemampuan diri

Dunia pendidikan menyebutnya hard skill dan soft skill. Hard skill biasanya terkait dengan kemampuan menggunakan suatu alat. Misalya, mampu mengoperasikan komputer, software, aplikasi. Bisa naik sepeda, mengendarai motor, atau menyetir mobil.

Soft skill terkait dengan pola dan olah pikir, empati, dan sikap. Kemampuan berkomunikasi, negosiasi, banyak teman, dan akrab dengan beberapa tokoh, adalah bagian bukti dari soft skill.

Tunjukkan kemampuan diri kamu tapi tidak terkesan menyombongkan diri. Misalnya, tunjukkan kalau kamu memiliki SIM C atau SIM A dan tidak pernah melanggar peraturan lalu-lintas.

Kamu bisa menceritakan hobi kamu sebagai pramuka yang gemar bersepeda, banyak teman, dan telah menjelajah Pulau Jawa bersama teman-temanmu. Kamu perlu menunjukkannya dalam catatan cerita di blog, tampilan foto di Instagram, atau video di Youtube. Sekali lagi, ceritakan tanpa mengesankan sombong.

Rapihkan dokumen dan biodata

Jangan biarkan orang lain menafsirkan cerita prestasimu. Tidak semua orang termasuk panitia pendaftaran mahasiswa baru mau menafsirkan catatan prestasimu dengan rinci. Maka buatlah biodata yang rapih, mengesankan, terinci namun tidak membosankan. Jalur khusus mendaftar kuliah seperti jalur khusus selalu ada ruang untuk membuat kesan baik secara khusus.

Buat biodata lengkap berurut dari identitas nama, tempat dan tanggal lahir, golengan darah, jumlah saudara, agama, serta suku dan kewarganegaraan. Itu standar sekali, tapi dianggap harus ada.

Ceritakan prestasimu dimulai dari riwayat pendidikan sejak TK sampai SMP. Lalu mulailah buat deretan prestasi, jabatan, dan pengalaman kegiatan dari yang terbaru sampai yang paling lama, atau sebaliknya senyaman kamu menulis.

Jang lupa miliki nomor kontak seluler dan tidak berganti-ganti nomor. Kemudian buatlah akun email yang terlihat formal tapi tetap terkesan fun dan sesuai nama kamu. Setelah itu miliki akun media sosial minimal Instagram. Memiliki akun media sosial lainnya juga bagus asal terkelola dengan baik.

Cantumkan semua yang kamu miliki: identitas diri, riwayat penduidikan, prestasi, jabatan, kegiatan, dan catatan aktivitas terkini menjadi sebuah biodata yang mudah dan nyaman dibaca orang lain.

Kalau semua yang hasrusnya sudah siap itu sudah lengkap, mulailah tunggu pengumuman pendaftaran penerimaan mahasiswa jalur prestasi. Untuk siswa SMA/MA peminatan IPA dan SMK pertanian/kehutanan yang aktif pramuka, IPB menyediakan tiket masuk kuliah melalui jalur prestasi pramuka.

you're currently offline