delivering goodnews
every scout is a reporter

Kwarda Jawa Barat akan Menggelar Pioneering Fest 2019 di Kiara Artha Park

Bandung – Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat akan menggelar Festival Rancang Bangun Pioneering pada 2 November 2019 di Plaza Kiara Artha Park, Kota Bandung.

Ketua Pelaksana Pioneering Fest, Kak Dady Barkah, menyampaikan bahwa tema yang diusung kegiatan ini adalah “Terikat Kuat Simpul Persahabatan dan Persaudaraan Pramuka Penggalang Jawa Barat”.

“Diharapkan dapat menjadi wadah bagi pembinaan Pramuka Penggalang agar mampu mengembangkan keterampilan serta menumbuhkan tekad untuk membangun kebersamaan,” kata Kak Dady menjelaskan tema kegiatan sebagai mana dipublikasikan Pramukajabar.or.id, (29/9/2019).

Pendaftaran peserta: 1-30 Oktober 2019

Pioneering Fest 2019 adalah lomba membuat rancang bangun menggunakan tongkat dan tali pramuka. Kak Dady mengungkapkan bahwa festival ini pertama kalinya digelar di Jawa Barat.

Pramuka Penggalang di seluruh Jawa Barat yang ingin mengikuti festival ini bisal melakukan pendaftaran mulai 1 Oktober sampai dengan 30 Oktober 2019, dengan cara Kwartir Cabang mengirimkan surat kesediaan mengikuti Festival melalui Sekretariat Kwarda Jabar.

Peserta adalah utusan dari Kwartir Cabang se-Jawa Barat yang merupakan gabungan 1 regu putera dan 1 regu puteri yang masing-masing regu terdiri dari 8 orang anggota Pramuka penggalang usia 11-16 tahun dengan Syarat Kecakapan Umum (SKU) minimal Penggalang Ramu. Peserta Tergabung dalam Kontingen Cabang.

Peserta ditambah utusan dari satuan komunitas dan utusan pramuka berkebutuhan khusus setingkat Kwartir Daerah Jawa Barat yang merupakan gabungan 1 regu putera dan 1 regu puteri yang masing-masing regu terdiri dari 8 orang anggota pramuka penggalang usia 11 s.d. 16 tahun dengan syarat Kecakapan Umum minimal Penggalang Ramu.

Siapkan desain/prototipe sebelum daftar ulang

Peserta membuat desain dan deskripsi tentang bangunan pioneering yang menjelaskan tentang nama/bentuk bangunan. Penjelasan dilengkapi filosofis bangunan, jumlah tongkat dan tali, jenis dan fungsi simpul dan ikatan.

Desain atau prototipe bangunan yang dibuat dari sumpit dan tali kasur diserahkan kepada panitia pada saat pendaftaran ulang untuk mendapatkan penilaian desain.

Peserta mengabadikan dan mendokumentasikan serta mempublikasikan kegiatan sejak kedatangan hingga pelaksanaan dengan format Vlog dan di upload ke IG dengan memberi judul Vlog “Nama Kontingen Kwarcab/Sako” dengan taggar : #PioneeringFestJabar2019.