delivery goodnews

Pionering, Alat Belajar yang Menjadi Ciri Khas Kepramukaan

Pramuka dan tali-temali hampir saja tidak terpisahkan. Itulah salah satu pelajaran dalam pionering yang sering dilakukan pramuka dalam latihan. Sehingga tak jarang, orang umum mengidentikkan tali-temali itu milik pramuka. Padahal, tentara juga belajar pionering.

Pionering merupakan salah satu teknik pramuka dalam penggunaan peralatan tongkat dan tali yang dirangkai menjadi sebuah model suatu objek. Kreativitas pionering biasanya membuat bangunan dengan banyak tongkat. Sebagian besar pramuka mudah membuat tandu, menara kaki, menara kaki empat, dan masih banyak lagi.

Bagi pramuka hanyalah alat

Bagi pramuka, pionering hanyalah alat belajar. Dengan pionering, pramuka belajar suatu keterampilan dasar mengikat kiat, saling keyerkaitan antara tali dan tongkat menjadi bangunan yang kokoh.

Untuk membangun suatu bangunan besar, pramuka berdiskusi dalam regu. Mereka membuat perencanaan dalam bentu gambar. Mereka juga menghitung berapa tali dan tongkat yang akan dilibatkan.

Sebagai alat belajar, latihan pionering sangat bermanfaat dalam rangkaian pendidikan kepramukaan. Maka secara bertahap, pionering selalu diajarkan pada setiap golongan pramuka.

Mengenal tali-temali lebih jauh

Salah satu bentuk latihan pionering adalah belajar tali temali. Kita sering mencampuradukkan antara tali, simpul, dan ikatan. Terdengarnya sama saja, tapi ketiga hal ini sebenarnya berbeda sama sekali.

Tali adalah bendanya. Simpul adalah hubungan antara tali dengan tali. Ikatan adalah hubungan antara tali dengan benda lainnya, misal kayu, balok, bambu dan sebagainya. Jadi antara tali, simpul, dan ikatan berbeda kan?!

Cara belajar dalam pionering bebas merdeka. Kita boleh belajar simpul dulu dengan menggunakan tali. Nanti setelah fasih barulah menerapkan dalam bentuk ikatan.

Atau sebaliknya. Kita dapat melihat bangunan atau bentuk yang ada di sekitar kita, lalu kita pelajari simpul apa saja yang dibutuhkan. Biarkan berimajinasi bebas. Mulailah menggambar, mengukur, serta membuat rencana dan perkiraan.

Manfaat belajar pionering

Ikat-mengikat menggunakan tali dan tongkat perlu latihan berulang-ulang. Rajinlah berlatih bersama regu atau sangga memupuk rasa kebersamaan, kekompakan, dan kerjasama yang baik antar teman pramuka.

Jangan lupa berbagi dengan organisasi lain. Tali-temali, pionering khas pramuka dapat diterapkan pada saat saat-saat genting maupun P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan). Berbagilah dengan teman palang merah remaja

Memproyeksi pemikiran pramuka dalam merancang suatu objek sebenarnya (bukan model). Jika ada lomba atau festival pionering pramuka harus beradu kreativitas.

you're currently offline