delivering goodnews
every scout is a reporter

Bulan Bakti, Pramuka Donor Darah Serentak se-Indonesia

Jakarta – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menyelenggarakan kegiatan donor darah di Aula Sarbini,Taman Rekreasi Wiladatika (TRW) Cibubur Jakarta Timur (9/8/ 2019). Kegiatan Donor Darah dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Pramuka ke-58 tahun 2019 dan juga bulan Agustus sebagai Bulan Bakti Pramuka.

Donor Darah ini serentak pula dilaksanakan di seluruh kwartir (Kwarda/Kwarcab/Kwarran) sampaii gugus depan. Kwartir Daerah (kwarda) Kalimantan Selatan contohnya. Mereka adakan juga dan menghasilkan 30 kantong darah dari 50 peserta yang daftar.

Pramuka donor darah serentak se-Indonesia

Dirilis Kwarnas di laman Facebook.com Donor Darah di TRW itu darah tidak dari Jakarta saja. Di sini pada tanggal 15 Agustus 2019 adakan Donor Darah kembali.

Pada saat kegiatan selain staf Kwarnas, TRW, Madu Pramuka dan Buperta, tampak pimpinan Saka Kencana tingkat nasional hadir. Mereka menggerakan personilnya untuk datang ke kegiatan ini. “Kami ingin menghidupkan kembali kegiatan Saka Kencana agar peserta didik menjadi semangat berlatih,” kata Kak Mei dan Kak Niken.

Ayu (17 tahun) dan Jihan (17 tahun) datang ke TRW. Mereka baru pertama kali ikutan donor darah. Jihan sedih juga karena tidak diperbolehkan ikut. “Hemoglobin saya kurang. Kalau ada lagi saya mau coba,” tutur Jihan.

Edukasi, tidak semua orang boleh donor darah

Memang yang seperti Jihan ada beberapa orang. Tak heran bila sebanyak 117 peserta hanya menghasilkan 62 kantong darah. Unit Donor Darah PMI Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang terlibat di kegiatan ini selalu siap membantu Gerakan Pramuka.

Foto: Tim Kominfo Hari Pramuka 2019

Ayo siapa lagi yang belum donor darah? Datanglah pada hari Kamis,15 Agustus di Aula Sarbini di TRW Cibubur. Dengan berdonor kita jadi sehat dan beramal.

Update oleh Kak Fitri & Kak Udin
Foto: Tim Kominfo Hari Pramuka 2019