delivering goodnews
#SetiapPramukaAdalahPewarta

Kak Oded M Danial: Pramuka Harus Kreatif dan Inovatif Manfaatkan Teknologi

Bandung – Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, Pramuka pun ikut berkembang. Walau banyak kegiatannya dilakukan secara outdoor, teknologi juga banyak membantu kegiataan kepramukaan.

Hal tersebut menurut Walikota Bandung sekaligus Ka Kwarcab Kota Bandung, Oded M Danial menjadikan pramuka saat ini harus lebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan  dan mengembangkan teknologi.

“Pramuka merupakan gerakan kepanduan yang sudah tidak diragukan lagi keberadaannya. Karena itu, Pemanfaatan teknologi sekarang ini dipandang perlu untuk mengembangkan para anggota pramuka menguasai IT, sehingga pramuka tidak ditinggalkan oleh generasi muda.” Ujar kak Oded usai melantik Rektor UIN SGD sebagai Ka Mabigus Gerakan Pramuka Basis 23001-23002 UIN SGD masa bakti 2019-2021 di Gedung Rektorat Lt.II, Universitas Islam Gunung Djati Bandung, Jl. A.H. Nasution No. 105 Bandung, Sabtu (28/9/2019).  

Kak Oded berharap setelah dilantik, ka Mabigus UIN SGD kedepannya sanggup memegang amanah.

“Mendirikan gerakan pramuka buka tanpa alasan dan saat ini menjadi pekerjaan rumah kita semua bagaimana membangun dan mengembangkan kaum muda dalam kepramukaan. Semoga setelah dilantik sebagai Kamabigus perlu merekonsiliasi dan internalisasi dan sunggup memegang amanah,” lanjutnya.

Upacara pelatikan tersebut dihadiri unsur Rektorat UIN SGD dan unsur pimpinan Kwarcab Kota Bandung serta undangan lainnya.

Senada dengan Ka Kwarcab Kota Bandung, Rektor UIN SGD, Mahmud menyatakan kedepannya akan mewajibkan semua mahasiswa di seluruh fakultas di lingkungan UIN SGD masuk pramuka.

“Pramuka selama ini hanya diikuti mahasiswa di fakultas Tarbiyah saja. Kedepannya akan diwajibkan untuk semua mahasiswa di seluruh fakultas masuk pramuka” ujar Kak Mahmud.

Menurut Mahmud pramuka tidak hanya mengajarkan kemandirian dan karakter. Namun harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada.

“Sejalan dengan visi misi Gerakan pramuka, kedepannya berkoordinasi dengan para dekan setiap anggota pramuka UIN SGD harus lebih unggul, kreatif dan inovatif .” harapnya.

Sumber: Pusinfo Kwarcab Kota Bandung/Scout.ID/BSN

you're currently offline