delivery goodnews

Pramuka Harus Tau, Kebiasaan Sepele Yang Penting Dilakukan Saat Musim Hujan

Perilaku dan kebiasaan manusia bisa berubah kapan saja termasuk saat musim hujan tiba. Kebiasaan manusia ada yang penting untuk dilakukan dan ada juga yang tidak. Oleh karena itu, pramuka harus tau apa saja kebiasaan sepele yang penting dilakukan saat musim hujan. Hal ini bertujuan agar kita bisa mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi saat turun hujan.

Apa saja kebiasaan sepele yang penting dilakukan saat musim hujan itu?

Ada banyak hal yang memang kadang tidak kita sadari bahwa kebiasaan itu dilakukan. Misalnya saat musim hujan, kita selalu menyepelekan untuk membawa payung atau jas hujan. Padahal itu penting untuk dilakukan. Berikut adalah kebiasaan sepele yang sebenarnya penting untuk dilakukan.

Minum vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh

Saat musim hujan tiba, tubuh akan lebih mudah terserang penyakit. Ini bisa terjadi karena daya tahan tubuh kita yang kurang dan tidak dalam keadaan fit. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Caranya yaitu dengan minum vitamin dan juga menjaga pola makan yang sehat. Perbanyak juga makan sayur dan buah-buahan.

Minum minuman hangat

Kondisi cuaca yang dingin bisa memudahkan tubuh kita terserang penyakit seperti flu, batuk, atau demam. Untuk mencegah atau mengobati serangan penyakit tersebut. Kamu harus membiasakan diri untuk minum minuman hangat. Tujuannya agar tubuh selalu hangat dan fit sehingga tidak mudah sakit.

Selalu membawa payung atau jas hujan

Kebiasaan ini banyak disepelekan karena menganggap enteng dan tak perlu membawa payung atau jas hujan. Padahal ini sangat penting untuk dilakukan saat musim hujan. Karena payung atau jas hujan ini bisa digunakan untuk melindungi tubuh dari air hujan. Jadi selalu sedia payung atau jas hujan di dalam tas.

Membiasakan hidup bersih

Jangan sepelekan efek dari terkena air hujan. Karena dalam air hujan terdapat banyak penyakit. Jadi selalu biasakan hidup bersih misalnya dengan selalu mencuci tangan dan bersihkan tubuh dan mandi setelah terkena air hujan.

Selalu pantau ramalan cuaca sebelum bepergian

Tak ada salahnya bukan untuk membiasakan melakukan ini sebelum bepergian. Selalu pantau cuaca setiap harinya agar kamu bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi cuaca tersebut. Jika cuacanya membahayakan seperti hujan badai atau petir, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk bepergian.

Jangan pernah mengabaikan hal-hal sepele

Sepele bukan berarti tidak penting untuk dilakukan bukan. Sebagai anggota pramuka kita harus tau mana yang penting atau tidak dilakukan. Jangan pernah mengabaikan hal sepele karena bisa jadi itu lebih banyak manfaatnya.

you're currently offline