Bandung– Sebanyak 1.500 anggota pramuka penggalang dari 34 provinsi seluruh Indonesia dari 26-30 Agustus akan mengikuti kegiatan Kemah Budaya Nasional (KBN) tahun 2019. KBN ke- X tersebut dipusatkan di Minang Fantasi Kota Padang Panjang, Sumatera Barat.

Setiap provinsi akan mengirimkan 18 peserta. Yang terdiri masing-masing 16 penggalang dan dua orang pembina.

“Dari Jawa Barat diwakili penggalang putra dari SMPN 14 Bandung dan putrinya dari Kota Sukabumi selebihnya ada dari SMPN 2 Bandung,” ujar Andalan penggalang putra Kwarcab Kota Bandung, kak Ridwan usai mengikuti acara pelepasan kontingen KBN ke-X 2019 Jawa Barat di Kwarda Jabar, Jl. Cikutra Bandung, belum lama ini.

Sebagai tuan rumah, pihak  panitia akan mempersiapkan seluruh fasilitas dengan baik agar semua peserta dan tamu yang akan hadir di Padang Panjang merasa nyaman selama kegiatan berlangsung. Selain itu, pihak pemerintah daerah setempat ingin memanfaatkan kesempatan ini sebagai sarana pengenalan dan pelestarian budaya Minangkabau sebagai salah satu budaya bangsa kepada seluruh peserta se-nusantara.

Dalam KBN ke-X 2019 ini akan diramaikan juga dengan keikutsertaan utusan Kwarcab se-Sumbar sebanyak 342 orang, utusan 18 Gudep berjumlah 324 orang, panitia pusat dan daerah 132 orang  dan ada juga utusan Pramuka Luar Negeri dari negara-negara sahabat sebanyak 90 orang.

“Kami merasa senang Kota Bandung bisa kembali mewakili Jawa Barat  di event kemah budaya nasional. Berarti sudah tiga kali kita ikut berpartisipasi, sebelumnya sempat di Jogjakarta dan Bali,” jelas Ridwan.

Pada kegiatan ini rencananya seluruh kontingen akan menampilkan atraksi kebudayaan dari daerah masing-masing termasuk kontingen Jawa Barat akan memperkenalkan kebudayaan khas Tanah Pasundan. Termasuk didalamnya kaulinan urang sunda.

“Semoga adik-adik penggalang yang mewakili Jawa Barat dalam kegiatan KBN ke sepuluh diberi kesehatan dan dalam kegiatan tersebut adik adik bisa mendapatkan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan,” harap Waka Bina Muda Kwarda Jabar, kak Eka.

Sumber: Kak Ridwan/Kwarcab Kota Bandung/ Benny K/ Scout.ID/BSN