delivery goodnews

Pramuka Menjadi Duta Anti Narkoba, Berperan Penting dalam Meminimalisir Pengaruh Buruk Narkoba

Padang– Dinas Pemuda dan Olahraga (Diaspora) Kota Padang menggelar kemah bakti pramuka yang berlangsung selama tiga hari, mulai 18-20 November 2019. Kegiatan ini bertempat di Bumi Perkemahan Tiger Camp Lubuk Minturun, Padang, Rabu (20/11/2019).

“Kegiatan ini sebagai wadah generasi membentuk karakter dan akhlak mulia. Terlebih dalam menyikapi perkembangan teknologi informasi yang berkembang sangat cepat,” kata Wakil Gubernur Sumatera Barat yang juga menjabat sebagai selaku Ketua Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat, Kak Nasrul Abit.

Pramuka menjadi duta anti narkoba

Sambung Kak Nasrul, ia meminta anggota pramuka agar menjadi duta anti narkoba untuk lingkungannya masing-masing. Nasrul ingin pramuka yang mayoritas berisikan pemuda memainkan peran untuk meminimalisasi pengaruh buruk dari narkoba yang saat ini merambah di masyarakat, khususnya di kalangan pelajar.

“Saya minta anggota Pramuka jadi Duta Anti Narkoba, kalau ada disekitar kita yang terlibat narkoba jangan takut laporkan segera pada pihak berwenang,” kata Kak Nasrul.

Pembentukkan generasi bangsa

Sementara itu, Ketua panitia perkemahan MKKS SMA Swasta se-Kota Padang Aliza mengatakan, perkemahan yang dilakukan ini bertujuan untuk membina dan membentuk generasi muda bangsa yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, dan membentuk generasi milenial yang berkarakter.

“Peserta perkemahan MKKS SMA Swasta se-Kota Padang diikuti 31 sekolah tingkat SMA Swasta se-Kota Padang yang diwakili 8 putra dan 8 putri setiap sekolah. Selama tiga hari tersebut kegiatan pramuka ini diisi berbagai perlombaan. Di antaranya lomba tilawah, lomba tahfidz, pidato, pionering, tapak perkemahan, memasak dan lomba PBB,” lanjut Kak Aliza.

Menurutnya, kegiatan perkemahan sangat bermanfaat bagi generasi muda. Karena ilmu yang diperoleh dapat memberikan pengetahuan tentang kedisiplinan, sosial kemasyarakatan dan juga bela negara yang harus ditanamkan dalam diri generasi muda.

“Yang tergabung dalam gerakan pramuka akan merasakan banyak manfaat dari kegiatan perkemahan ini,” ucap Aliza.

you're currently offline