Merantau ke daerah lain salah satu tahap hidup penting bagi pemuda. Berpindah ke lingkungan baru di kota menjadi waktu yang baik untuk menerapkan urban scouting.

Sadarilah, dimana-mana ada pramuka. Jadi tenang saja, kamu tidak akan kekurangan saudara. Tapi ingat! Jangan mudah memanfaatkan orang lain, dan jangan gampang tergoda untuk dikasihani.

Tips pramuka menjalani hidup di perantauan

Kuncinya, kamu harus menjadi bagian dari amal baikdi seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia. Berikut ini yang perlu lakukan sejak awal hidup di perantauan.

Jangan lupa! Segera lapor ke RT dan RW setempat

Datang di suatu kota atau tempat baru, jangan lupa laporan ke penguasa setempat. Biasanya kamu langsung mendatangi keluarga atau teman dekat di kampung.

Biasanya di Jakarta atau Bandung yang jadi primadona tempat merantau, ada ketua RT dan RW yang harus kamu datangi.

Jangan lupa bawa KTP dan bolpoin atau pupen untuk mengisi formulir sebagai pendatang baru.

Cari kosan di perkampungan lokal

Jangan berlama-lama tinggal di keluarga atau teman dekat. Karena tinggal dekat terlalu lama dengan keluarga atau teman akan membuat kamu malas dan lambat mandiri.

Carilah kosan di perkampungan lokal, bukan kompleks perumahan yang dihuni berbagai etnis. Hal itu bertujuan untuk belajar tradisi dan istiadat masayarakat lokal setempat.

Baca  Kak Yossi: Pramuka Kota Bandung Harus Jadi Perintis Pembangunan

Berniatlah untuk mandiri, hidup sendiri, dengan penghasilan sendiri. Kalau kamu belum menemukan pekerjaan, segera temukan sumber rejekimu.

Miliki surat keterangan domisili

Mengapa perlu segera ngekos, Atau memastikan tempat tinggal? karena kamu harus segera punya keterangan domisili.

Jangan jauh dengan pak RT dan pak RW. Berdomisili di suatu tempat penting sekali untuk memastikan dimana kedudukanmu, tempat pulang beristirahat saat kamu ingin sendirian.

Domisili juga berguna untuk menjamin pergaulanmu menjadi baik dan kepastian alamat sebagai modal kepercayaan.

Mendekatlah ke tempat ibadahmu

Segera orientasi medan di lingkungan sekitar. Temukan tempat ibadah sesuai agama, kepercayaan, dan kenyamanan.

Tempat ibadah seperti masjid dan gereja bisa menjadi tempat curhat paling nyaman ketika kamu menemukan masalah hidup.

Di tempat ibadah ada banyak saudara seiman yang biasanya juga bisa menjadi teman berkegiatan positif di lingkungan tempat kamu tinggal.

Datangi segera pasar terdekat

Jangan berpangku tangan. Sempatkan ke pasar. Ini sangat baik untuk mencari peluag dan mendapatkan ide menghemat tapi tetap cukup makan.

Pasar yang diramaikan pedagang menjadi tempat membeli barang, terutama bahan makanan daripada kamu pergi ke minimarket atau supermarket.

Baca  Buah Sabar 'LDR' 7 Tahun, Akhirnya Kak Nenden Sampai ke Hari Bahagia

Perbanyak teman di pasar untuk mempermudah peluang membeli barang diskon harga teman.

Bergabung dengan komunitas

Temukan komunitas dan bertemanlah dengan mereka. Cari teman sehobi, misalnya futsal, sepeda, memanah, perpustakaan, atau tempat hobi lainnya.

Jangan hanya berteman dengan lingkungan pramuka. Dunia ini luas dan bukan hanya urusan pramuka.

Segera cari teman pramuka

Segera cari teman pramuka. Datangi sanggar-sanggar pramuka di kwartir ranting atau cabang. Kalau perlu, datangi pramuka di sekolah atau kampus.

Di kampus perguruan tinggi bisanya ada pramuka yang bisa dijadikan teman diskusi dan berkarya.

Tawarkan bantuan kepada mereka dan akrablah sebagai saudara sesama pramuka. Bantulah mereka secara tulus tanpa beharap dibayar.

Action, vibrant, forward

Perhatikan masalah di lingkunganmu. Bebuatlah sesuatu yang baik, lalu ajak teman dan tetangga dekat.

Action, lakukan sesuatu. Vibrant, getarkan, tunjukkan kepada orang lain hal baik yang kamu lakukan. Forward, ajak orang lain agar pekerjaan baikmu tidak dilakukan sendirian.

Misalnya, jika di lingkunganmu bersmasalah dengan bau sampah. Lakukan sesuatu untuk mengatasi masalah bau sampah. Diskusikan dengan RT dan RW setempat. Kamu bisa ajak teman pramuka untuk membuat suatu karya.

Jangan terlalu pilih-pilih pekerjaan

Bahkan, jika seandainya kamu mendapat kesempatan kerja membersihkan toilet umum di pasar, lakukanlah. Lakukanlah setidaknya dalam 100 hari ke depan.

Baca  Suguhan Alam Tengah Malam, Gerhana Bulan Parsial 7-8 Agustus 2017

Jujur dalam berbicara dan ceritakan kondisi sekarang

Jujur dalam bercerita kondisimu sekaran, tapi bukan untuk mengeluh. Kejujuran membuat orang lain mudah dalam membantu. Jangan boros, segera berpenghasilan setidaknya untuk makan sehari-hari. Ketika kamu banyak teman, dekat dengan tempat ibadah, dan akrab dengan bapak RT, hidup kamu tidak akan sulit-sulit amat.

Rasakan dan nikmati hidup di perantauan, di daerah orang lain. Belajar jauh dari orang tua akan membuat proses pendewasaan diri semakin baik. Jangan lupa, beri kabar baik ayah bunda di kampung.