delivery goodnews

Pramuka Se-Indonesia Tanam 1.000 Pohon di Bumi Perkemahan Saguling

Bandung Barat – Ratusan pramuka dari seluruh Indonesia menanam 1.000 pohon tanaman keras di sekitar kawasan Bumi Perkemahan (Buper) Indonesia Power (IP) Saguling, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Kegiatan ini akan berlangsung mulai 20-21 November 2019, Rabu (20/11/2019).

“Ini salah satu aksi sosial dari kegiatan Pertikawan agar pramuka peduli terhadap alam. Selain penanaman pohon, ada juga beberapa kegiatan lain selama para peserta berada di sini,” kata Kabag Program dan Evaluasi Sepdikjen Panalogi Kehutanan dan Tata Lingkungan KLHK, Kak Tryono Saputro.

Aksi menanam pohon, rangkaian dari perkemahan

Aksi penanaman pohon tersebut merupakan rangkaian kegiatan peserta Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) Nasional 2019 yang diselenggarakan Kwartir Nasional (Kwarnas) bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Menurut Kak Tryono, aksi tersebut diharapkan tak sebatas seremonial. Namun ke depan, Kwarcab KBB harus bisa memeliharanya sehingga lingkungan di sekitar Buper Saguling menjadi teduh. Selain itu, sebagian tanaman tersebut bisa dimanfaatkan, karena di antaranya terdapat tanaman berbuah yang hasilnya bisa dinikmati.

Berbagai ilmu pengetahuan diberikan

Kak Tryono mengemukakan, rangkaiaan kegiatan Pertikawan selama di KBB selain diberikan materi, para peserta juga dibawa ke Power House PT IP untuk mengetahui operasional tenaga pembangkit listrik. Kemudian, menuju Buper IP Saguling untuk mendapatkan pembelajaran tentang pemetaan penggunaan drone. Selain itu, melakukan penanaman pohon di sekitar Buper IP dan melakukan temu tokoh.

“Inti dari kegiatan ini, kami memberikan pengetahuan tentang berbagai hal yang bermanfaat bagi mereka. Terutama menyangkut lingkungan hidup,” ujarnya.

Ratusan pramuka bermalam di Buper Saguling

Peserta yang hadir dalam kegiatan Pertikawan ini sebanyak 177 orang, sudah termasuk pendamping dari Panalogi. Ratusan pramuka dan pendamping bermalam di Buper IP Saguling. Kunjungan pertama rombongan anggota pramuka ke PT IP diterima oleh manajemen IP yang diwakili Manajer Administrasi Sentot Kristanto.

“Ini sebuah penghargaan bagi kita diberikan kesempatan untuk jadi tuan rumah. Mudah-mudahan saja, ini bukan kerja sama yang pertama dan terakhir,” kata Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka KBB, Aseng Junaedi.

Ciptakan manusia pancasila sesuai dasa dharma

Selain itu, ia mengucapkan terima kasih kepada KLHK, PT IP, dan BPWC atas kerja samanya selama Pertikawan di KBB berlangsung. Keterlibatan PT IP dan BPWC dalam acara Pertikawan, merupakan bagian dari kewajiban dua perusahaan pemerintah ini sebagai Wakil Ketua Majelis Pebimbing Cabang (Waka Mabicab) Kwarcab Gerakan Pramuka KBB.

“Sudah selayaknya, kalau IP dan BPWC turut serta dalam kegiatan kepramukaan seperti ini. Kita sama-sama harus men-support untuk menciptakan manusia Pancasila sesuai Dasa Dharma Pramuka,” imbuhnya.

you're currently offline