in

Pramuka Simpati Berkunjung ke KONI Banjarnegara

kunjungan pramuka simpati ke koni banjarnegara

Banjarnegara – Para siswa dari Gudep Pramuka SMP Negeri 1 Bawang (Simpati), mengunjungi Kantor KONI Kabupaten Banjarnegara. Siswa yang ikut sebanyak 63 orang, dipimpin langsung oleh Ketua Gudep Simpati, Tjatur Budijantoro, Rabu (13/11/2019).

“Kunjungan dilakukan untuk mengenalkan keberadaan Kantor KONI yang berada di lingkungan instansi pemerintah Kabupaten Banjarnegara. KONI merupakan satu lembaga yang menaungi seluruh olahraga prestasi di setiap tingkatan,” ujar Kak Tjatur.

Pembelajaran luar kelas berbasis fun

Kak Tjatur mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya pembelajaran di luar kelas yang berbasis fun. Selain itu, bertujuan agar peserta mendapatkan pengetahuan terkait kehidupan bermasyarakat, belajar tata kelola organisasi dan pemerintahan.

“Kita sengaja mengajak peserta didik ke KONI, karena kami ingin mengenalkan mereka dengan instansi dan lembaga pemerintah sekaligus mendorong anak-anak lebih semangat mengejar cita-citanya,” ujarnya.

Tugas pokok KONI

Ketua KONI Banjarnegara, Nurohman Ahong mengatakan, KONI memiliki tugas pokok dalam pembinaan olahraga prestasi.

“Secara prinsip, tugas pokok KONI sejalan dengan kegiatan pramuka, yaitu membentuk mental dan karakter generasi muda untuk lebih mandiri, tangguh, dan berprestasi,” ujar Kak Nurohman.

Junjung tri satya dan dasa dharma

Sementara Wakil Ketua KONI Banjarnegara, Djarkasi Efendi yang juga menjabat anggota Komisi II DPRD Banjarnegara, ikut menambahkan berbagai pengalaman mengesankan yang telah ia lalui sebagai seorang anggota pramuka.

Kak Djarkasi memulai jenjang kepramukaan sebagai seorang penggalang, penegak, pandega, hingga tercatat sebagai anggota DPRD Kabupaten Banjarnegara.

“Saya harap, anggota pramuka bisa menjadi motivator bagi teman-teman dan lingkungan tempat tinggalnya. Ia juga meminta agar anggota pramuka bisa menjadi penopang bagi sesama,” harapnya.

Lanjut Kak Djarkasi, beliau mengingatkan bahwa pramuka itu memiliki sumpah dan janji yang harus dijunjung.

“Pramuka memiliki sumpah dan janji Tri Satya dan Dasa Darma, sehingga harus selalu siap dan berdisiplin,” pungkasnya.

Report

What do you think?

flyer edukasi ular sioux ular indonesia

Mantap! Ada Edukasi Ular Gratis di Festival Petualang Nusantara 2019

kak adang dalam rapat koordinasi kwarda dan kwarcab untuk penilaian kwarcab tergiat

Jelang Musda 2020, Jabar Mulai Penilaian Kwarcab Tergiat