Bandung – Untuk pertama kalinya di tahun 2019, Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan kegiatan berskala nasional.

Gelaran perdana yang diberi judul Forum Ketua Dewan (FKD) Perguruan Tinggi Keagamaan se- Indonesia 2019 tersebut diadakan di Hotel Bumi Kitri  Jl. Cikutra no 276 Bandung.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama. Prof. Dr. H. Moh. Najib, M.Ag., dalam sambutan pembukaannya menyatakan harapan dan kepercayaan besar bagi Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia agar mampu memberikan pergerakan dan perubahan bangsa ke arah yang lebih baik lagi, Jum’at (5/4/2019).

Baca  Tidak Hanya Pramuka, Wukuf Nasional 2018 Terbuka untuk Umum

Hadir dalam acara pembukaan, petinggi dari kementrian agama, petinggi dari kepramukaan dan tentunya dihadiri pula oleh perwakilan UIN Sunan Gunung Djadi Bandung lainnya.

Ia juga menyatakan keresahannya dalam menghadapi tantangan revolusi  industri 4.0 dan berharap agar para mahasiswa khususnya yang aktif di bidang kepramukaaan mampu melawan tantangan revolusi industri 4.0 dengan tetap menjadi manusia yang eksis, terus berkarya, dan mampu menyeimbangkan diri dengan perkembangan zaman.

Kegiatan yang berlangsung 5-7 April 2019 ini diikuti 80 peserta dari seluruh Indonesia yang merupakan perwakilan dari 35 perguruan tinggi keagamaan yang ada di Indonesia. Forum diskusinya sendiri diadakan pada 6 April 2019. 

Baca  Tidak Hanya Pramuka, Wukuf Nasional 2018 Terbuka untuk Umum

Hasil dari diskusi FKD tersebut selanjutnya akan diajukan dalam Sidang Paripurna Nasional. Kedepannya kegiatan serupa akan terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya, Tujuannya agar meningkatkan kekeluargaan dan koordinasi semua PTKIN yang ada di Indonesia dalam menjalankan kepramukaan.

Sumber : Pramuka UIN SGD Bandung/ Rizki/Benny K/ Scout.ID/BSN