delivery goodnews

Pramuka UNIKOM Diharapkan Mampu Berkontrisbusi dan Berprestasi

Bandung – Keberadaan Pramuka di lingkungan perguruan tinggi (Perti) merupakan wadah pembinaan bagi generasi muda dalam rangka melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Pembinaan pramuka Perti tidak hanya pembinaan secara langsung kepada pramuka penegak-pandega melalui Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Tetapi juga berkoordinasi dengan semua pihak untuk menyelenggarakan bina diri, bina satuan dan bina masyarakat.

Namun tidak sedikit dari setiap perti yang memiliki wadah pembinaan pramuka penegak-pandega seperti racana, kelompok kerja, sangga/reka kerja, satuan karya pramuka dan dewan kerja, hingga saat ini belum dimanfaatkan dengan optimal. Bahkan karena kurangnya perhatian, menyebabkan kelanjutan regenerasi pramuka perti berjalan lambat.

Perlu memperbaiki pola koordinasi

Hal ini yang selanjutnya diantisipasi Univertitas Komputer Indonesia (UNIKOM) agar sistem koordinasi dan kerjasama antara racana dan gugusdepan perguruan tinggi, perguruan tinggi selaku induk organisasi dengan pihak terkait lainnya. Termasuk kwartir sebagai induk organisasi gerakan pramuka dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Kami berharap ke depannya pramuka Unikom dapat berkembang lebih baik dan bisa bekerjasama dengan semua pihak mulai dari tingkat internal, Kota, hingga Jawa Barat,” harap Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Umi Narimawati usai dilantik sebagai Ketua Mabigus Pramuka UNIKOM masa bakti 2019-2021 di Kampus Unikom, Jalan Dipatiukur Bandung, Sabtu (16/11/2019).   

Upacara pelantikan tersebut dihadiri Direktur Kemahasiswaan Unikom Andrias Darmayadi, Camat (Ketua Mabiran) Coblong Dedi Prihadi Nugraha, unsur Kwarran Coblong dan Kwarcab Kota Bandung serta undangan lainnya.

“Meskipun diakui pengelolaan wadah organisasinya belum terakomodir dengan baik. Diharapkan pramuka Unikom mampu menghasilkan prestasi yang membanggakan hingga menjadi pramuka garuda,” lanjut Kak Umi.

Senada dengan Ketua Mabigus Pramuka Unikom. Sekretaris Bidang Organisasi dan Hukum (Bidorkum) Kwarcab Kota Bandung Robbul Ijati menyatakan, perguruan tinggi memiliki peran strategis dalam membangun prestasi generasi muda salah satunya lewat pramuka. Karena itu, wadah pembinaan kepramukaan di Unikom harus berjalan dengan baik.

“Pramuka yang bergabung di gugusdepan atau Racana Unikom memiliki tuntutan yang tidak mudah. Sehingga perlu adanya perhatian dan pembinaan yang baik dari semua pihak. Salah satunya dari Kwartir Cabang Kota Bandung. Harapan ini tampaknya bukan sekedar harapan saja, karena Kwarcab Kota Bandung sangat menaruh perhatian lebih pada pembinaan pramuka penegak-pandega di kota Bandung.” Ujar kak Robul.

Kerjasama di bidang IT

Sejak diresmikan 2016 lalu, Pramuka Unikom terus berbenah diri dalam upayanya menarik perhatian para mahasiswa untuk bergabung dalam wadah kepramukaan. Upaya tersebut diimbangi  dengan banyak mengikuti kegiatan partisipasi khususnya di tingkat Kota Bandung.

“Kendala dalam tiga tahun pertama berdirinya Pramuka Unikom, lebih kepada bagaimana kegiatan kepramukaan ini bisa menarik minat para mahasiswa untuk ikut bergabung.  

“Ke depannya pramuka Unikom ingin mengadakan latihan gabungan dengan pramuka Perti lainnya atau sekolah-sekolah yang ada di kota  Bandung khususnya kerjasama di bidang IT,” harap pembina putri Pramuka Unikom, Ken Kinanti Purnamasari.

 Sumber : Benny K/ Roni SF/ Scout. ID/ BSN  

you're currently offline