Bandung – Dengan berciri khaskan Tri Bina; Bina Diri, Bina Satuan, dan Bina Masyarakat. Gerakan Pramuka Gugus Depan 07001-07002 Racana Letjen Mashudi-Emma Poeradiredja Unpas yang diresmikan pada 13 Juni 1987 lalu dari waktu ke waktu eksistensinya semakin berkembang.

Terbukti setiap kegiatannya yang berpedoman pada perinsip dasar kepramukaan, metode kepramukaan dan sistem among merupakan metode pembinaan bagi pramuka penegak-pandega agar menjadi manusia yang maju dan berkarakter.

“Dengan keberadaan racana Unpas kami ingin memberi gambaran khususnya kepada masyarakat kampus dengan mengikuti kepramukaan, kedepannya akan muncul manusia-manusia yang maju dan berkarakter. Tentunya setiap program kegiatan, kami kemas dengan menarik agar kaum muda tertarik masuk pramuka,” ujar Opik Nugraha dari Racana Unpas di sela kegiatan Masa Pengenalan Pramuka (Maperpram) 2018 pada acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Pasundan angkatan 2018-2019 di Gedung Sasana Budaya Ganesha, Taman Sari Bandung, Minggu (26/8/2018).

Kegiatan dari 25-26 Agustus 2018 tersebut diikuti sekitar 4000 lebih mahasiswa baru dari semua fakultas dengan menghadirkan seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan Unpas.

“ Sosialisasi kepramukaan kali ini kami kenalkan potensi pramuka Unpas dan memperkenalkan tentang kesakaan yakni saka Dirgantara dan Wirakartika dan lanjutan dari kegiatan ini akan diadakan diklat bagi mahasiswa baru serta latihan gabungan pramuka perti se-Bandung raya,” lanjut Opik.

Sumber : Benny K/ BSN/ Scout.id