Ulasan Kita

Sinergi Saka Kominfo dan IndoVWT Lahirkan Channel 674 Edukasi Pramuka

sosialisasi saka kominfo

Sosialisasi Saka Kominfo di MAN Kapuas melalui siaran radio amatir IndoVWT.

Foto: Hendi / Pramuka Kuala Kapuas

Saka Kominfo yang sedang dirintis untuk tingkat nasional terus bersinergi dengan berbagai kalangan. Kali ini Saka Kominfo berkolaborasi dengan IndoVWT menelorkan Channel 674 Edukasi Pramuka, Sabtu (8/9/2018). Sejak diluncurkan Channel 674 digunakan untuk kegiatan sosilisasi Saka Kominfo dan diskusi kepramukaan yang diikuti oleh penggiat pramuka di berbagai pelosok Nusantara.

Saka Kominfo telah dirintis di beberapa kwartir cabang. Setidaknya 58 kwarcab telah merintis Saka Kominfo baik yang telah dikukuhkan atau pun baru aktivasi kegiatan. Kwarcab Kota Bandung sebagai kwarcab yang merintis Saka Kominfo merupakan kwarcab paling aktif melakukan sosialisasi dan terus menghimpun anggota.

IndoVWT, radio internet permudah komunikasi

Di Sumatera ada Kwarcab Musi Banyuasin yang Saka Kominfonya terhimpun di Kwarran Plakat Tinggi. Sedangkan di Kalimantan rintisan Saka Kominfo dimotori Kwarcab Tanah Laut.

Upaya mempermudah sosialisasi perintisan Saka Kominfo terus dilakukan agar satuan karya baru ini benar-benar tumbuh dari bawah. Penggiat Saka Kominfo pun menggandeng IndoVWT, sebuah aplikasi radio berbasis modulasi dengan jumlah pengguna aktif diberbagai channel mencapai lebih dari 100 ribu callsign.

  DKR dan Saka Kominfo Plakat Tinggi Memandu Festival Kabupaten Lestari

Saka Kominfo mengawali aktivitas edukasi pramuka melalui grup Whatsapp FGD Edukasi Pramuka. Gerup Whatsapp ini beranggotakan para pegiat pramuka, pelatih pembina, pembina mahir maupun peserta didik penegak/pandega dari seluruh penjuru Indonesia.

Diskusi dan Rekomendasi untuk Gerakan Pramuka

Mottonya “Membiasakan yang benar bukan membenarkan yang biasa”. Grup whatsapp FGD Edukasi Pramuka menjadi sebuah grup edukasi untuk Gerakan Pramuka yang lebih baik, merangkul, menjembatani dan saling menguatkan tanpa harus menghakimi.

Grup ini telah menghasilkan beberapa rekomendasi. Reomendasi yang dibuat secara daring kemudian dibawa kepada para stakeholder Gerakan Pramuka untuk dieksekusi maupun diperbaiki sehingga menghasilkan sebuah gerakan positif di media sosial.

  MAN Kapuas Meriahkan JOTA JOTI Digital dengan Aplikasi IndoVWT

Kendala muncul dalam penggunaan WAG yang berbasis media tulis akan menyebabkan tertindihnya atau tertindasnya diskusi lainnya. Hal ini menyebabkan anggota grup menjadi malas untuk membaca kembali ke barisan pesan sebelumnya.

Selalu ada solusi dan sinergi di setiap kendala

Dengan kendala masalah tersebut admin WAG berinisiatif membangun sebuah channel komunikasi via suara berupa radio komunikasi. Gayung bersambut, Kak Azam dari IndoVWT memberikan dukungan penuh untuk perkembangan diskusi FGD Edukasi Pramuka dengan memberikan akses channel khusus pada IndoVWT berupa Channel 674 Edukasi Pramuka.

Melalui Channel 674 FGD Edukasi Pramuka Saka Kominfo telah melakukan siaran diskusi on air dan menjadi narasumber beberapa kegiatan berupa talk show on air di beberapa daerah. Terbaru Channel 674 FGD Edukasi Pramuka melakukan siaran langsung sosialisasi interaktif dan tanya jawab mengenai Saka Kominfo melalui jejaring radio IndoVWT kepada kawan-kawan dari MAN 1 Kapuas Kalimantan Tengah.

  Saka Kominfo Plakat Tinggi Siap Mewarnai Peran Saka Daerah Sumsel 2018

Sekarang Channel 674 juga disiapkan untuk menjadi media komunikasi JOTA-JOTI 2018  (Jamboree on the Air – Jambore on the Internet). Stasiun dipusatkan di dua kwarcab, Tanah Bumbu (Kalimantan Selatan) dan  Kota Bandung (Jawa Barat).

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2018, Scout.ID.

To Top