in

Sudahkah Kamu Mengetahui Sejarah Pramuka Indonesia?

sejarah pramuka indonesia

Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana yang berkaitan dengan aktivitas non-formal guna mengembangkan skill untuk bertahan hidup di alam dan juga membangun karakter. Pramuka ini juga masih terus digalakkan di Indonesia. Sebelum membahas lebih lanjut tentang pramuka, Kamu perlu tahu sejarah pramuka Indonesia.

Pastinya sejarah yang ada di negara ini berasal dari sejarah pramuka dunia dan pencetusnya adalah Robert Baden Powell yang merupakan Angkatan Darat Inggris. Kemudian, pramuka masuk dan diresmikan di Indonesia mulai tahun 1961. Ada banyak sekali kegiatan menarik yang diselenggarakan dan ini biasa ada di SD, SMP, dan SMA.

Permulaan Pramuka di Indonesia

Pramuka sudah mulai ada di Indonesia dan hal ini mengawali sejarah pramuka Indonesia sejak kolonialisasi Belanda. Pemuda Indonesia justru memanfaatkan kepanduan tersebut untuk membangun jiwa nasionalisme. Sebelum mengetahui lebih lanjut pramuka pemuda Indonesia, maka Kamu perlu tahu awal mulanya.

Awal Permulaan Pramuka di Indonesia

Sejarah Pramuka di Indonesia sudah ada sejak 1912 dan pertama kali didirikan oleh organisasi Belanda dengan nama Nederlandsche Padvinders Organisatie atau disingkat NPO. Pada 1916, organisasi tersebut memutuskan untuk berganti nama menjadi Nederlands-Indische Padvinders Vereeniging atau biasa disingkat NIPV.

Awal Gerakan Kepanduan oleh Pemuda Indonesia

Ternyata pengubahan nama dari organisasi tersebut masih mendapatkan larangan dari Belanda, karena istilah Nederlandsche Padvinders sangat mengarah pada organisasi Pramuka yang berasal dari negara itu. Kemudian, pemuda Indonesia mendapatkan ide untuk mengubah kata Padvinders menjadi Kepanduan atau Pandu.

Akhirnya, nama organisasi tersebut menjadi Javaansche Padvinders Organisatie dan dicetuskan oleh S.P. Mangkunegara VII pada tahun yang sama yaitu 1916. Organisasi tersebut lebih diarahkan untuk membangun jiwa nasionalisme generasi muda Indonesia.

Lama-kelamaan ada banyak organisasi kepanduan yang juga berdiri, terutama setelah sumpah pemuda berlangsung. Beberapa kepanduan yang berdiri adalah Padvinder Muhammadiyah, Nationale Padvinderij, Syarikat Islam Afdeling Padvinderij, dan lain sebagainya.

Terbentuknya Persaudaraan Antara Pandu Indonesia

Sampai dengan tahun 1928, Indonesia semakin kebanjiran dengan banyak gerakan pramuka Indonesia, sehingga perlu ada satu organisasi yang berguna untuk mewadahi seluruh kepanduan tersebut. Berdirilah Persaudaraan Antara Pandu Indonesia disingkat PAPI pada 23 Mei 1928.

Selanjutnya, PAPI semakin dikembangkan dan diubah namanya menjadi Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia (BPPKI) mulai tahun 1938. Visi dan Misi dari BPPKI tersebut adalah menggalang pemuda untuk kesatuan dan persatuan.

Masuknya Jepang di Indonesia dan Setelah Penjajahan Berakhir

Tak lama kemudian, Jepang masuk ke Indonesia dan mulai menjajah. Sempat beberapa kali Jepang melarang adanya gerakan kepanduan, karena dianggap berpotensi untuk menjadi pemberontak. Namun, hal itu tidak membuat gentar para anggota kepanduan yang ada di Indonesia.

“Gerakan dan Semangat Kepanduan selalu berkobar di dalam setiap anggota kepanduan.”

Setelah Indonesia merdeka, berdirilah Pandu Rakyat Indonesia di Surakarta. Sejak saat itu, akhirnya dibuat keputusan, agar ada banyak kelompok yang bisa mendirikan organisasi pramuka.

Sampai dengan saat ini, setidaknya ada 100 gerakan kepanduan di Indonesia. Sedangkan gerakan pramuka pertama kali lahir pada 14 Agustus 1961. Itulah mengapa setiap tanggal 14 Agustus dikenal sebagai hari pramuka. Apabila kamu ingin tahu lebih jelas, bisa baca di artikel Setiap 14 Agustus Kita Merayakan Hari Pramuka, Begini Latar Belakangnya.

Berbagai Kegiatan Pramuka

Ada banyak sekali kegiatan pramuka yang bisa dilaksanakan dan ini disesuaikan dengan tingkatan usia. Beberapa jenjang tersebut dibagi menjadi pramuka siaga, pramuka penggalang, dan pramuka penegak dan pandega.

Tingkatan siaga terdapat kegiatan berupa permainan yang berkaitan dengan kekompakan, pameran hasil karya pramuka, pasar siaga, darmawisata, dan lain sebagainya. Kegiatan ini masuk kedalam aktivitas pramuka untuk pemula.

Tingkatan yang lebih tinggi adakah aktivitas penggalang yang berkaitan dengan Jambore, Lomba tingkat, Penjelajahan, Latihan bersama, perkemahan, dan lain-lain. Kegiatan ini bisa benar-benar membangun kebersamaan antara tim pramuka.

Tingkatan aktivitas pramuka yang terakhir dan paling tinggi adalah penegak dan pandega. Beberapa aktivitasnya adalah raimuna, perkemahan, pengembaraan, sidang paripurna, dan latihan pengelola dewan kerja.

Pentingnya Memahami Sejarah Pramuka Indonesia

Sejarah adanya gerakan pramuka di Indonesia memang sangat panjang. Bahkan, untuk bisa membuat gerakan tersebut saja, pemuda Indonesia juga harus berjuang pada zaman dahulu. Kegiatan tersebut juga sangat baik untuk bisa diterapkan kepada generasi muda saat ini guna kembangkan sikap nasionalisme.

Kamu yang sudah tahu apa kegunaan dari aktivitas pramuka juga bisa berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Kamu juga bisa lho mendidik adik kamu untuk cinta Indonesia dan persatuan dengan mengetahui sejarah pramuka Indonesia, karena siapa tahu ia akan tertarik untuk bisa berprestasi di organisasi kepramukaan.

Report

What do you think?

pramuka batang pelopor keselamatan lalu lintas

Pramuka MAN Batang Menjadi Pelopor Keselamatan Lalu Lintas

game edukasi jejak pramuka semarang

Game Edukasi Jejak Pramuka Karya Mahasiswa FTIK USM, Berhasil Meraih Juara di Kompetisi Nasional