in

Seragam Pramuka Lengkap Sesuai Jenjang Pendidikan

kegiatan berseragam pramuka

Berkegiatan pramuka seringkali dilakukan dengan menggunakan seragam pramuka lengkap. Fungsi dari seragam dan atributnya adalah untuk melatih persatuan sesama tim pramuka dan juga melatih kedisiplinan. Kamu juga pasti sudah tahu bukan bahwa warna dari seragam tersebut adalah coklat tua maupun muda.

Warna tersebut sudah digunakan sejak zaman perjuangan melawan penjajah dahulu. Seragam pramuka ada banyak jenisnya, sehingga Kamu harus bisa membedakan masing-masing jenis dari baju tersebut. Apalagi bila Kamu memiliki adik maupun anak yang masih sekolah, karena SD, SMP, dan SMA selalu terdapat kegiatan pramuka.

Variasi Jenis Seragam Pramuka

Setiap anggota pramuka harus mengerti penggunaan seragam pramuka lengkap. Penggunaan atributnya juga tidak boleh sembarangan, sehingga terdapat aturan masing-masing. Kamu bisa mengetahui seluruh berbagai jenis seragam dan tata cara pemasangan seragam ini beserta atributnya dengan melihat sebagai berikut.

Seragam pramuka sehari-hari

Setiap peserta pramuka harus menggunakan seragam pramuka lengkap biasa. Seragam ini harus selalu digunakan setiap kali melakukan aktivitas pramuka dan penggunaannya bisa juga saat mengikuti upacara maupun berbagai kegiatan pramuka lainnya. Jenis pakaian ini paling sering dipakai dan disebut pakaian utama pramuka.

Seragam pramuka khusus

Pramuka juga memiliki seragam yang bersifat khusus dan ini biasanya diperuntukkan bagi yang Muslim, terutama putri. Seragam pramuka lengkap putri pada umumnya hanya berlengan pendek dan juga rok selutut saja. Sedangkan seragam yang khusus memungkinkan siswa untuk menggunakan baju sesuai syariah Islam.

Pakaian tersebut sudah pasti harus berlengan panjang dan juga menggunakan rok panjang. Penggunaan pakaian yang demikian itu memungkinkan siswi untuk bisa menggunakan jilbab. Selain dari pakaian yang panjang, seragam pramuka yang bersifat khusus bisa ditujukan untuk siswa muslim maupun non-muslim dengan tambahan blazer.

Seragam pramuka untuk SD dan atributnya

Siswa-siswi SD juga saat ini sudah dilatih untuk melakukan pramuka. Seragam yang digunakan tidak hanya berupa baju beserta bawahannya saja. Mereka juga sudah harus menggunakan atribut seragam yang lengkap. Bagi Kamu yang punya adik maupun anak yang akan mengikuti kegiatan pramuka, maka Kamu perlu tahu cara pemasangannya.

Kelengkapan atribut untuk siswa-siswi cara pemasangannya sama. Pemasangan atribut pada tempatnya bertujuan untuk melatih kedisiplinan anak. Itulah mengapa pramuka penting untuk dilakukan, terutama sejak dini.

Seragam Pramuka Penggalang

Apabila Kamu memiliki adik yang sudah berada di jenjang SMP, maka tingkatan seragam yang harus digunakan adalah penggalang. Seragam jenis ini bisa kamu ketahui pemakaian secara lengkap, misalnya untuk pembina di kapan sih pembina pramuka boleh pakai baret dalam berseragam pramuka?

“Seragam pramuka tidak hanya berupa baju dan bawahan, melainkan juga atribut lengkap berupa tanda tutup kepala, tanda pandu dunia, simbol pelantikan, nama masing-masing pengguna seragam, simbol lokasi gudep, badge wilayah, tanda kelompok, tanda kemampuan umum penggalang, tanda kemampuan khusus, simbol pratama.”

Informasi yang lebih detil akan bisa Kamu lihat melalui website Wikipedia. Pada website tersebut akan dijelaskan secara terperinci mengenai bentuk yang diperbolehkan juga untuk masing-masing seragam.

Seragam Pramuka Penegak

Siswa-siswi yang berada pada tingkatan SMA juga memiliki seragam pramuka lengkap penegak. Masing-masing siswa-siswi memiliki cara pemasangan simbol warna kuning yang berbeda di bagian topi. Perbedaan berikutnya juga berada pada tanda pandu dunia yang mana untuk putri bentuk lingkaran dan putra bentuk persegi.

Perbedaan lainnya dari atribut yang dikenakan penegak putra dan putri bisa dilihat melalui gambar di atas. Letak pemasangan dari masing-masing atribut juga harus sesuai dengan gambar tersebut.

Mari Berseragam Pramuka yang Benar

Kamu yang memiliki adik atau memang sedang berada jenjang pendidikan yang disebutkan, maka Kamu harus mengikuti setiap peraturan seragam pramuka beserta atributnya. Pastinya terdapat perbedaan antara seragam yang digunakan putra dan putri.

Pramuka tidak hanya pelajaran tambahan di sekolah, melainkan Kamu bisa berprestasi dalam aktivitas tersebut. Kamu juga memiliki kesempatan untuk bisa bertemu dengan banyak orang dengan aktif berpartisipasi dalam kegiatan pramuka. Prestasi tersebut bisa dicapai salah satunya dengan selalu menggunakan seragam pramuka lengkap.

Report

What do you think?

keris pusaka indonesia

Kebudayaan Tosan Aji Menjadi Cikal Bakal Keris Senjata Pusaka Indonesia

penampakan gerhana matahari total

Indonesia Bisa Saksikan Gerhana Matahari Total pada Desember Mendatang