in

Inilah Standar Seragam Pramuka Pembina Putra Terbaru

seragam pramuka pembina putra

Pembina pramuka merupakan panutan anggota pramuka lainnya seharusnya mengetahui bagaimana seragam pramuka pembina putra.Bukan hanya soal pemakaian, tetapi juga standar yang benar dan sesuai aturan. Meskipun standar ini tidak sulit untuk diingat, namun beberapa orang mungkin akan sulit mengaplikasikannya di awal.

Berikut akan membahas apa saja atribut seragam pramuka pembina putrasatu per satu. Pasalnya, hal ini penting terutama jika tidak ditemukan pedagang yang jual seragam pramuka pembina putra secara utuh. Dengan demikian, atributnya harus dibeli satu per satu.

Seragam Pramuka Pembina Putra

Bahasan tentang standar seragam pramuka pembina putra terbarukali ini akan dibagi menjadi beberapa poin. Antara lain tutup kepala, baju, celana, kaos kaki, sepatu, dan lain sebagainya. Berikut adalah penjelasannya masing-masing.

1. Penutup Kepala

Pada bagian penutup kepala, aturannya tentu berbeda dengan aturan dari penegak maupun pandega. Pembina putra menggunakan topi yang terbuat dari kain polos berwarna hitam.

Bentuk topi pembina jika dilihat secara spesifik termasuk dalam kategori topi peci. Namun, ada aturan yang juga harus diketahui. Pembina putra boleh menggunakan topi baret apabila sedang menjalankan upacara yang mana melibatkan peserta didik.

2. Baju

Seragam pramuka pembina putra untuk kategori atasan adalah dengan menggunakan baju pramuka berwarna coklat. Untuk lengannya, standar yang digunakan adalah lengan pendek. Adapun lidah bahu yang digunakan tidak sembarangan, melainkan harus 3 sentimeter.

Kancing baju yang berada di bagian depan harus memiliki warna yang sama dengan kain. Baju ini wajib dimasukkan ke celana dan harus memiliki dua saku yang berada di sisi kanan dan sisi kiri. Dua saku ini masing-masing harus memiliki lipatan keluar selebar 2 sentimeter.

3. Celana

Warna celana untuk pembina putra yang dibolehkan adalah coklat tua. Adapun gradasinya lebih tua dibanding warna baju. Celana panjang ini harus dikencangkan dengan ikat pinggang selebar 1 sentimeter.

Di samping kiri dan kanannya ada saku yang dalam serta masing-masing ada penutupnya. Ikat pinggang yang digunakan harus berwarna hitam, dan celana ini harus ada resletingnya di bagian depan.

4. Kaos Kaki dan Sepatu

Kaos kaki yang digunakan harus berwarna hitam dan setinggi betis. Untuk sepatu yang wajib digunakan berupa model tertutup yang juga berwarna hitam.

5. Tanda Pengenal

Seorang pembina putra juga harus menggunakan tanda pengenal. Adapun tanda pengenal yang harus digunakan adalah tanda di topi yang mana dipasang di bagian depan sisi kiri dan sebuah papan nama.

Pemasangan papan nama harus ada di bagian saku baju sebelah kanan. Secara lebih spesifik lagi, peletakan papan nama ini tepatnya di bagian atas saku.

6. Setangan Leher

Setangan leher dari pakaian pramuka khusus pembina putra adalah sama dengan anggota. Lebih spesifik lagi, jenisnya adalah kain berwarna putih merah dan berbentuk segitiga sama kaki. Sisi panjangnya berkisar antara 20 sampai 30 sentimeter.

Kemudian, bagian sudut bawah sebesar 90 derajat. Warna dasarnya putih dengan garis berwarna merah yang selebar 5 sentimeter.

Setangan leher ini dilipat selebar 5 sentimeter. Setelah itu, bagian ini juga dipasang di bagian bawah kerah baju lalu diikat dengan cincin khusus setangan leher.

Pembina Wajib Mematuhi Aturan Seragam

Enam poin ketentuan seragam pramuka pembina putra di atas didapatkan dari sumber resmi yang bisa dipercaya. Keenam aturan tersebut memang wajib untuk dipenuhi oleh seorang pembina putra.

Hal yang sudah pasti dan bisa diingat adalah bahwa pembina putra boleh menggunakan topi baret saat melakukan upacara dengan anggota atau peserta didik. Namun boleh menggunakan topi peci apabila di luar upacara.

Report

What do you think?

seragam bagi penegak dan pandega putri

Seragam Pramuka Penegak dan Pandega Putri yang Lengkap

pramuka putri cantik

Aturan Lengkap Seragam Pramuka untuk Pembina Putri