delivering goodnews
#SetiapPramukaAdalahPewarta

Aturan Seragam Pramuka Penegak dan Pandega Putra

Seragam pramuka penegak dan pandega putra paling banyak ditemui penyimpangan. Itu terjadi terutama dengan munculnya unit-unit protokol pada gudep pramuka di kampus perguruan tinggi. Banyak sekali tindakan ‘terlalu kreatif’ yang membuat sistem tanda pengenal pada seragam pramuka terlihat mirip-mirip atribut tentara.

Baju pramuka penegak yang kita kenal memang hampir semuanya mirip kecuali atribut TKU. Dimulai dari warna pengenal, susunan tanda jabatan, bahkan sampai seragam dan setangan leher pun sama. Ini didasari karena memang jenis kegiatan yang diikuti keduanya hampir mirip. Entah itu setingkat ambalan atau racana dan satuan karya.

Seragam pramuka penegak dan pandega putra

Seperti yang disinggung di atas, seragam pramuka keduanya cukup mirip. Maka dari itu kita bisa membahas kesamaan yang dipunyai dua-duanya terlebih dahulu. Untuk warna dasar yang dipakai tentunya atasan coklat muda dan bawahan coklat tua.

Aturan baju pramuka penegak dan pandega putra

Dengan mengenakan warna coklat muda, seragam atas yang dikenakan diharuskan memiliki model kerah dasi yang bisa rebah dan berdiri sesuai kebutuhan. Tipe kantung yang dijahit di dada kiri dan kanan haruslah kantong timbul. Kantung jenis ini ditambahkan lipatan di tengahnya dan juga di bagian penutup. Jangan lupa menjahit lidah bahu sepanjang 3 cm di bagian pundak.

Tanda pengenal pada seragam

Atribut seragam pramuka yang dikenakan keduanya benar-benar sama kecuali pada bagian TKU. Untuk hal lainnya yaitu setangan leher yang dipakai mempunyai panjang dan sudut bawah 120 cm. Tanda pengenal seperti lambang dan asal daerah, nomor gugus depan harus lah terpasang di samping kiri dan kanan bagian lengan.

Tanda pengenal yang bisa dipakai adalah tanda jabatan di saku kiri dan papan nama di atas saku yang sama. Lalu jika memperoleh TKK dari ambalan atau satuan karya dipasang di lengan kiri. Untuk tanda kehormatan seperti pramuka garuda ditempatkan di atas papan nama.

Atribut lain yang masih sama yaitu baret yang dipakai. Baret ini terbuat dari bahan beludru halus coklat tua dan dikenakan miring ke kanan. Tanda pengenal jajargenjang yang dikenakan sebagai atribut pramuka penegak untuk baret berwarna kuning, sedangkan pandega cenderung coklat tua.

Aturan celana dan sepatu pramuka penegak dan pandega putra

Aturan bercelana untuk kedua tingkatan ini haruslah jenis panjang berwarna coklat tua. Di bagian saku atas berjenis dalam, saku belakang tempel dengan tutup lipatan, dan saku bawah timbul berlipat di tengah. Bagian depan memakai resleting. Untuk sabuk, kaus kaki, dan sepatu semuanya diharuskan berwarna hitam dan tertutup.

seragam pramuka penegak dan pandega putra

Penggunaan seragam pramuka

Sejauh ini memang banyak sekali kesalahan penggunaan seragam yang dipakai oleh penegak dan pandega. Sebenarnya sah-sah saja menambahkan aksesoris asal tidak berlawanan dengan aturan yang telah ditetapkan. Namun, tetap saja penggunaannya harus sesuai dengan situasi dengan kondisi.

Contohnya adalah perihal unjuk rasa kemarin di sekitaran Gedung Parlemen yang beritanya bisa dibaca di Kwarnas larang pemakaian seragam dan atribut pramuka dalam unjuk rasa. Seragam pramuka yang semestinya dipakai untuk aksi damai tidak boleh digunakan sebagai pakaian utama unjuk rasa dan berhaluan politik.

Ayo pahami perbedaan seragam penegak dan pandega

Penggunaan seragam penegak dan pandega sama secara keseluruhan. Perbedaan mendasar yang menjadi identitas masing-masing adalah tanda pengenal di baret dan TKU yang dipasang di bahu.

Penggunaan seragam pramuka penegak dan pandega putra di atas tak boleh melenceng meski hanya dari segi tampilan maupun panjang atribut. Pelajari aturan yang berlaku dan benahi apa yang masih menjadi kekeliruan.

you're currently offline