in

Seragam Pramuka Penegak dan Pandega Putri yang Lengkap

seragam bagi penegak dan pandega putri

Seragam pramuka putri mendapat perhatian khusus. Terdapat ketentuan lebih rinci terkait bentuk seragam pramuka penegak dan pandega putri. Kekhususan itu meliputi banyak hal terutama seragam pramuka untuk anggota muslimah.

Pramuka tidak hanya diikuti oleh siswa di sekolah, melainkan juga siswi. Saat siswi sudah berada di jenjang pendidikan SMA, maka tingkatan pramuka yang dipakai adalah penegak dan pandega. Sudah pasti akan perlu seragam pramuka penegak dan pandega putri yang berbeda dengan seragam yang digunakan siaga dan penggalang.

Kelengkapan seragam tersebut dan juga atributnya sudah diatur oleh Gerakan Pramuka Indonesia yang mana dengan warna coklat muda dan tua. Apabila Kamu sedang berada pada jenjang kepramukaan yang satu ini, maka Kamu harus mempersiapkan seragam pramuka penegak dan pandega putri sesuai dengan ketentuan di bawah ini.

Seragam pramuka penegak dan pandega putri

Ada banyak sekali ketentuan seragam pramuka penegak dan pandega putri yang harus diikuti mulai dari tutup kepala, baju, rok, setangan leher, sampai dengan sepatu dan kaos kaki. Keseragaman tersebut sebagai bukti dari setiap pramuka memiliki kesamaan dalam membangun rasa nasionalisme.

Tutup kepala

Aksesoris yang wajib untuk diperhatikan juga oleh penegak dan pandega putri adalah tutup kepala. Seragam pramuka penegak dan pandega lengkap putri harus selalu menggunakan tutup kepala di setiap kegiatan pramuka. Tutup kepala dibuat berbentuk topi bulat berwarna coklat tua yang terbuat dari bahan beludru.

Setangan leher

Aksesori lainnya yang juga harus dipakai oleh penegak dan pandega putri pada saat melaksanakan pramuka adalah setangan leher. Bagian yang satu ini memiliki bentuk segitiga sama kaki dengan sisi panjang maksimal 130 cm. Setangan leher terbuat dari bahan dasar berwarna putih yang diberi lis merah dengan lebar 5 cm.

Baju

Bagian seragam yang paling perlu banyak atribut tanda adalah baju. Warna yang digunakan sebagai bahan dasar dari baju pramuka adalah coklat muda. Lengan biasa untuk non-muslim adalah lengan pendek. Bagian depan dan belakang menggunakan model princess. Pada bahu diberikan lidah baju dengan lebar 3 cm.

Seragam pramuka penegak dan pandega putri memiliki aturan yang khusus.

Baju harus memiliki kerah untuk memasang dasi maupun setangan leher. Pada bagian dalam terdapat dua buah saku yang ada di bagian depan kanan dan juga kiri. Panjang dari baju ini harus sepinggul dan dikenakan di luar rok.

Rok

Selalu menggunakan seragam pramuka lengkap mampu melatih kedisiplinan Kamu. DItambah lagi bila Kamu bisa berprestasi di jalur pramuka, Kamu bisa dapat sertifikat yang bisa digunakan untuk masuk ke perguruan tinggi, seperti yang ada di berita Daftar IPB Jalur Prestasi Pramuka.

“Desain dan kelengkapan seragam pramuka penegak dan pandega harus selalu mengikuti kaidah yang ada.”

Untuk mengerti kelengkapan rok dengan sangat lengkap, Kamu bisa lihat di Wikipedia. Kain yang digunakan untuk rok berwarna coklat tua dengan model melebar di bagian bawah. Sedangkan pada bagian belakang terdapat lipatan tertutup. Rok terdapat saku pada bagian samping dalam kanan dan kiri. Panjang rok di bawah lutut.

Untuk bisa menjadi pramuka yang handal memang harus dimulai dari baju yang lengkap beserta atributnya. Beberapa pramuka Indonesia yang berhasil maju sampai ke kancah internasional bisa dilihat melalui Dua Santri Jadi Utusan Jambore Nasional Pramuka Thailand.

Kaos kaki serta sepatu

Sepatu yang digunakan oleh penegak dan pandega juga khusus yaitu sepatu warna hitam, sol bagian tumit tidak tinggi, dan juga model tertutup. Sedangkan kaos kaki yang dipakai harus panjang sampai betis dan juga berwarna hitam. Kedua kelengkapan ini juga menjadi bagian yang harus diperhatikan dalam seragam pramuka lengkap.

Pentingnya seragam bagi penegak dan pandega putri

Penggunaan seragam pada tingkat penegak dan pandega memiliki peranan yang penting dalam melatih kedisiplinan juga. Seragam juga bermakna bahwa semua siswa memiliki tanggung jawab dalam membela negara dan menumbuhkan jiwa nasionalisme.

Kamu yang sudah memahami pentingnya menggunakan seragam pramuka penegak dan pandega putri secara lengkap. Pramuka juga dapat membuat Kamu menjadi lebih toleransi dengan teman-teman pramuka lainnya.

Report

What do you think?

gelar pasukan operasi lilin telabang

Pramuka Libatkan 100 Personil dalam Operasi Lilin Telabang 2019

seragam pramuka pembina putra

Inilah Standar Seragam Pramuka Pembina Putra Terbaru