delivering goodnews
#SetiapPramukaAdalahPewarta

Aturan Penggunaan Seragam Pramuka Penggalang Putra Lengkap

Seragam pramuka penggalang putra biasanya dikenakan oleh pramuka di SMP atau MTs. Siswa SMP dan Tsnawiyah bukan lagi siaga, melainkan penggalang. Seragam pramuka penggalang putra yang dipakai juga memiliki aturan pemakaian sendiri.

Setiap siswa diharapkan untuk mengikuti seluruh peraturan pemakaian seragam pramuka yang ada lengkap dengan atributnya. Pastinya seragam tersebut berwarna coklat muda dan tua khusus untuk bagian topi. Kamu yang sudah sangat ingin tahu mengenai seragam ini dan atribut bisa lihat berikut.

Seragam pramuka penggalang putra dan atributnya

Setiap siswa yang pramuka tidak hanya menggunakan baju, bawahan, dan sepatu saja saat pramuka. Ada banyak aksesoris, seperti tutup kepala dan setangan leher. Pada masing-masing bagian tersebut biasanya terdapat atribut yang pemasangannya tidak boleh sembarangan dan harus mengikuti aturan seragam pramuka penggalang putra.

Tutup kepala

Seragam pramuka penggalang putra terbaru selalu harus memperhatikan tutup kepala yang digunakan sebagai bagian dari seragam. Warna dari tutup kepala adalah coklat tua dengan bahan yang terbuat dari kain beludru dan berbentuk baret. Tutup kepala memiliki bagian tepi yang mendatar dengan bagian atas tertarik miring ke kanan.

Setangan leher

Bagian leher dari penggalang putra terdapat setangan leher yang terbuat dari kain merah dan putih. Kain tersebut berbentuk segitiga sama kaki dengan sisi panjang 100 cm. Bahan dasar dari setangan leher berwarna putih dengan bagian lis merah berlebar 5 cm.

Penggunaan setangan leher harus disertai dengan cincin khusus. Setangan leher tersebut digunakan di bagian bawah kerh leher. Pada bagian setangan leher ini tidak terdapat atribut simbol atau tanda sama sekali.

Baju atau pakaian seragam pramuka putra

Baju yang dipakai oleh penggalang berwarna coklat muda berlengan pendek. Pada bagian bahu terdapat lidah bahu dengan lebar 3 cm. Sedangkan kerah dibuat kerah dasi. Warna kancing yang juga harus disesuaikan dengan warna baju.

Terdapat dua saku menempel di bagian kanan dan kiri dada dengan lipatan luar berlebar 2 cm. Saku tersebut terdapat tutup yang bergelombang. Pada bagian saku kiri terdapat tanda pelantikan. Sedangkan bagian saku sebelah kanan terdapat atribut tanda jabatan. Sisa pemasangan atribut bisa disesuaikan dengan gambar yang ada di atas.

Bawahan

Kamu yang belum terlalu paham penggunaan baret dan seragam lainnya bisa melihat di Pembina pramuka pakai baret. Sedangkan untuk bagian celana, warna kain yang dipakai adalah coklat tua. Pada celana tersebut terdapat ban pinggang dan juga tempat ikat pinggang dengan lebar 1 cm. Kamu perlu untuk memberikan saku pada bagian dalam sebelah kanan dan kiri.

“Desain dari bawahan putra juga sudah diatur, sehingga semua pramuka penggalang harus mengikuti peraturan tersebut.”

Sedangkan pada bagian belakang menggunakan desai saku tempel yang disertai dengan lipatan luar selebar 2 cm dan ada tutupnya. Bagian depan terdapat resleting dan panjang dari celana ini adalah sampai dengan sedikit di bawah lutut. Kamu yang belum terlalu paham dengan desain celana panjang ini bisa melihat di Wikipedia.

Penggunaan dari seragam ini hanya berlaku saat pramuka saja. Siswa yang sedang melakukan kegiatan di luar kepramukaan dilarang untuk menggunakan seragam pramuka penggalang.

Kaos kaki dan sepatu

Tata cara terakhir yang berkaitan dengan seragam penggalang untuk putra adalah kaos kaki dan sepatu. Kamu tidak boleh asal pakai saja, karena hal ini juga diatur untuk model dan warnanya. Kaos kaki yang dipakai harus memiliki panjang sampai betis dan warnanya hitam. Sepatu yang dipakai harus berwarna hitam dan juga model tertutup.

Displin berseragam pramuka

Kedisiplinan harus diajarkan sejak dari dini dan pramuka adalah salah satu kegiatan yang berguna untuk melatih kedisiplinan. Seluruh siswa yang menjadi penggalang diharuskan untuk melengkapi seragam dan atribut sesuai dengan peraturan yang ada. Seragam juga mengajarkan artinya kesetaraan derajat dalam membela negara dan membangunnya.

Kegiatan yang satu ini juga bisa mengasah ketrampilan dari banyak segi, termasuk bertahan hidup di alam. Tak hanya itu, siswa juga jadi dapat berkenalan dengan siswa yang berasal dari kelas lain. Kamu yang memang mengikuti kegiatan ini dengan tertib dan menggunakan seragam pramuka penggalang putra secara lengkap perlu bangga.

you're currently offline