delivering goodnews
#SetiapPramukaAdalahPewarta

Seragam Pramuka Penggalang Putri Lengkap dan Terbaru

Seragam pramuka penggalang putri seharusnya sudah menjadi ‘menu wajib’ sebagai wawasan untuk dimengerti setiap anggota pramuka, terutama perempuan. Sebagai sebuah gerakan kepanduan, tentu saja pramuka memiliki peraturan-peraturan yang harus ditaati, termasuk masalah seragam.

Penggalang adalah golongan kedua dalam pramuka Indonesia. Seorang penggalang biasanya berumur sekitar 11 sampai 15 tahun. Atau rentang kelas 4 atau 5 SD sampai 3 SMP. Nama regu penggalang putra umumnya menggunakan nama hewan sedangkan nama regu penggalang putri biasanya memakai nama tumbuhan.

Baju seragam pramuka penggalang putri 2019

Berdasarkan surat keputusan Kwarnas terbaru No. 174 Tahun 2012, ada perubahan-perubahan dalam masalah seragam pramuka. Poin-poin perubahan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

Tutup kepala Seragam Pramuka Penggalang Putri terbuat dari beludru (sebelumnya dari bahan anyaman). Seragam penggalang putri di semua tingkatan mengenakan setangan leher, seperti seragam putra (sebelumnya memakai pita leher) Seragam penggalang putri terbaru memiliki dua saku di bagian dada.

Dari segi desain, seragam yang baru juga menghilangkan lipatan di daerah dada. Seragam pramuka terbaru juga mempunyai garis coklat tua di bagian lengan dan saku. Meskipun umur tingkatan ini berada di antara SD dan SMP, tidak ada perbedaan antara atribut pramuka SD dan atribut pramuka SMP.

Pemasangan tanda pengenal pada  seragam pramuka penggalang putri

Ada beberapa yang perlu diperhatikan dalam pemasangan atribut ini. Yang pertama adalah Tanda Tutup Kepala untuk putri yang memiliki bentuk lingkaran. Tanda ini berwarna merah. Lambang tersebut harus dipasang di bagian depan pada topi pramuka masing-masing.

Tanda pandu dunia

Tanda Pandu Dunia (WOSM) pada putri sama dengan tanda pada pria. Hanya saja bentuk Tanda Pandu untuk putri berbentuk lingkaran Tanda Pandu yang berwarna ungu ini wajib dipasang di kerah baju seragam sebelah kanan.

Tanda pelantikan

Tanda Pelantikan untuk seragam pramuka putri tingkat penggalang dipasang pada kerah baju bagian kiri. Tanda pelantikan ini memiliki bentuk lingkaran dan berwarna coklat tua. Berbeda dengan putri, untuk putra, tanda ini disematkan di dada kiri, tepatnya di bawah lipatan. Selanjutnya, posisi pemasangan papan nama ada di dada sebelah kanan.

seragam pramuka penggalang putri

Tanda Lokasi Kwarcab

Atribut selanjutnya adalah Tanda Lokasi Kwarcab yang menunjukkan di mana peserta tinggal. Tanda ini berisikan nama Kwartir Cabang (Tingkat kabupaten atau kota). Untuk putra maupun putri, tanda lokasi ini diharuskan untuk dipasang di daerah lengan kanan, posisi paling atas.

Tanda gugusdepan

Tanda gugus depan disematkan pada lengan baju kanan. Tanda ini berisikan nomor gugus depan tempat di mana bergabungnya anggota pramuka yang bersangkutan. Ada sedikit perbedaan muatan tanda ini. Anggota putri bermuatan nomor gugus depan ganjil, sementara putra bernomor genap.

Badge/lencana daerah

Badge Daerah atau Lencana wajib ada di seragam pramuka pada lengan kanan. Di mana tanda gugus depan ada persis di atas lancana. Putra dengan putri, sama lokasinya. Lencana ini berisi informasi daerah tempat anggota tinggal.

Tanda kecakapan khusus

Untuk regu penggalang, yang mesti diperhatikan adalah pemasangan Tanda Kecakapan Khusus atau TKK. Meskipun letak TKK di baju pramuka penggalang sama, namun tiap tingkatan memiliki bentuk yang berbeda. Bentuk lingkaran untuk purwa, bentuk kotak untuk madya dan bentuk segilima untuk utama.

Putra maupun putri, TKK disematkan di lengan baju kanan. Jumlah maksimal yang bisa disematkan di sini adalah lima buah, yang masing-masing mengelilingi lencana. Jika anggota pramuka memiliki TKK lebih dari lima buah, maka selebihnya, tetampan adalah tempat untuk meletakkan TKK di luar lengan baju.

Ayo gunakan seragam pramuka dengan benar

Seragam pramuka adalah simbol dari kedisiplinan dan kecakapan. Sehingga anggota tidak diperbolehkan untuk memakai seragam ini di luar kegiatan pramuka. Termasuk di dalamnya adalah kegiatan demonstrasi. Baca artikel berikut untuk mengetahui larangan Kwarnas terhadap pemakaian seragam pramuka dalam rangka unjuk rasa.

Seorang anggota harus mengenakan semua atribut yang dimiliki dengan letak yang benar. Kesalahan letak dan pemakaian berpotensi untuk sulit dikenali, dan merusak tatanan yang diatur dalam gerakan pramuka ini. Mulai sekarang, Ayo gunakan seragam pramuka dengan benar.

you're currently offline