in

Aturan dan Tanda Pengenal pada Seragam Pramuka Siaga Putra yang Benar

pesta siaga pramuka

Seragam pramuka siaga putra diatur unik sebagai pakaian anak. Sebagaimana diketahui pramuka merupakan kegiatan yang bisa diikuti oleh hampir semua orang, tak terkecuali anak-anak usia 7 sampai 10 tahun. Anggota pramuka di usia tersebut mempunyai aturan seragam pramuka siaga putra khusus yang harus diketahui. Mari bahas aturan seragam, penggunaannya, dan atribut apa saja yang bisa dipasang.

Karena usia yang tergolong muda dan menjadi adik terkecil, anggota Siaga masih mempunyai seragam yang tidak terlalu kompleks. Akan tetapi, tetap saja penggunaan dan tampilannya harus sesuai dengan ketentuan seragam pramuka siaga yang disahkan. Umumnya, pakaian dari golongan ini identik dengan corak coklat dan hijau muda menandakan usia yang masih belia.

Seragam pramuka siaga putra

Seperti yang dibahas tadi, dengan ciri khas hijau muda, anggota golongan siaga mempunyai perbedaan tersendiri. Seragamnya yang berwarna coklat muda dengan ujung cenderung tua tentu juga membedakannya dari penggalang dan penegak.

Baju bagian bahu dan kantung

Di bagian atas terdapat lidah bahu dengan panjang 2,5 cm. Untuk kerah berjenis shiller dan terdapat dua belahan kantung lipat di dada. Juga tambahan saku tempel di bagian bawah seragam.

Baju Bbgian lengan dan bawah

Dalam aturan seragam pramuka siaga putra, default yang digunakan adalah lengan pendek. Tapi jika untuk seragam khusus boleh menggunakan seragam pramuka lengan panjang asal tetap menyesuaikan. Untuk ujung lengan dikenakan dua lis dengan masing-masing lebar 1,5 dan 3 cm. Seragam ini tidak perlu dimasukkan ke dalam celana.

Celana

Penggunaan celana yang ditetapkan adalah memiliki tiga buah jenis kantong. Yang pertama terletak di bagian samping berjenis timbul. Kantong ini mempunyai tutup lipat dan ditambah lipatan di tengah saku. Untuk bagian belakang dan samping atas cukup dengan model tempel saja. Celana berbentuk pendek dan memakai kancing serta resleting di bagian depan.

Setangan leher dan sepatu

Kacu atau setangan leher mempunyai dasar warna putih dengan lis merah selebar 5 cm. Ukuran keseluruhan dari setangan ini adalah panjang 90 cm dan sudut bawah juga 90 cm. Setangan dikenakan di bawah leher menggunakan ring. Untuk sepatu dan kaus kaki harus berwarna hitam dan tertutup.

Atribut tambahan

Atribut seragam pramuka yang baik diharuskan mempunyai tanda pandu sedunia WOSM dan tanda pelantikan yang berbentuk siluet tunas kelapa. Hal lain yang berkaitan dengan identitas adalah tanda tutup kepala jajargenjang hijau di topi pramuka siaga, papan nama, lokasi kwarcab, gugus depan, tanda barung dan jabatan. Sedangkan tambahannya bisa berbentuk TKU dan TKK sebagai tanda kehormatan.

seragam pramuka siaga putra
Seragam pramuka siaga putra

Menjadi pramuka siaga yang baik dengan memakai seragam sesuai aturan

Meski usia yang terbilang muda, bukan berarti pramuka siaga tidak mempunyai andil tersendiri. Dengan menggunakan pakaian yang pantas, anak siaga dapat pula mengikuti berbagai kegiatan dengan baik untuk menunjang pertumbuhannya. Jangan lupakan beberapa corak penting siaga seperti warna hijau dan lis di ujung lengan agar bisa menjadi ciri khas tersendiri.

Salah satu panduan untuk bergabung menjadi anggota pramuka siaga dapat dibaca di Cara Menjadi Anggota Pramuka untuk Anak Usia 7-10 Tahun.

Ayo belajar jadi anggota siaga

Menjadi anggota siaga mempunyai keunggulan tersendiri. Dengan diajarkan bersosialisasi dan bermain sejak kecil di kepramukaan, anak akan belajar tentang lingkungannya. Selain itu, mempelajari bagaimana aturan berpakaian juga penting untuk mengajarkan norma dan nilai.

Jadi penting sekali untuk mengetahui seragam pramuka siaga putra yang baik dan benar. Karena memiliki ciri-ciri tersendiri, tentunya harus bangga memakainya. Selamat bermain dan salam pramuka.

Report

What do you think?

perkemahan silbinas sako spn

Satuan Komunitas Seluruh Penjuru Tanah Air Ikuti Kemah Silaturahim Pembina Nasional Sako SPN 2019

pesantren alam pramuka bantul

Pesantren Alam Pramuka (Salam Pramuka) Wujudkan Santri Berdikari