delivery goodnews

Seragam Pramuka Siaga Putri Terkini dan Terlengkap

Seragam pramuka siaga putri dipakai dalam kegiatan pramuka siaga putri. Setiap anggota harus disiplin dalam bertindak termasuk dalam berpakaian. Sebagai anggota pramuka siaga putri, tentu saja kamu harus mengetahuiseragam pramuka siaga putri dan atribut pramuka siaga yang wajib digunakan. Terdapat berbagai tingkatan dalam pramuka dan setiap tingkatan memiliki perbedaan seragam yang harus dipatuhi.

Siaga adalah tingkat pertama dalam kegiatan pramuka. Anggota dari pramuka siaga adalah anak anak yang berusia 7 hingga 10 tahun. Terdapat dua kode kehormatan bagi Pramuka Siaga yakni Dwi Satya dan Dwi Darma. Dwi Satya adalah janji pramuka anggota siaga dan Dwi Darma merupakan ketentuan moral anggota pramuka siaga.

Ketentuan seragam pramuka siaga putri

Peraturan mengenai seragam pramuka siaga putri terbaru diatur dalam SK kwarnas No 174 tahun 2012. Dalam peraturan ini terdapat perubahan yang cukup terlihat, salah satunya adalah dengan adanya lis dengan warna coklat tua di saku dan di lengan. Terdapat empat jenis pakaian dalam pramuka yakni seragam khusus, seragam upacara, seragam kegiatan dan seragam harian.

Model seragam harian siaga putri

Pakaian pertama yang digunakan anggota siaga putri sehari hari ini digunakan untuk mengikuti berbagai kegiatan pramuka. Warna baju ialah coklat muda dengan lengan pendek dan memakai lidah bahu yang memiliki lebar 2.5 cm. Rok yang digunakan berwarna coklat tua  dan menggunakan 2 saku di bagian depan. Panjang rok sampai 5 cm dibawah lutut dan menggunakan resleting di bagian depan.

Model seragam harian siaga putri muslim

Bagi anggota siaga muslim, terdapat aturan yang mengatur mengenai seragam pramuka muslim yang digunakan. Baju berwarna coklat muda dengan lengan panjang dan bisa menggunakan rok/celana dengan warna coklat tua. Menggunakan kerudung polos warna coklat tua tanpa aksesoris, bisa dimasukkan ataupun dibiarkan diluar baju.

Atribut pramuka siaga putri

Selain seragam, anggota siaga putri juga harus menggunakan atribut pramuka lengkap. Atribut ini menunjukkan tingkatan pramuka dan sebagai tanda pengenal. Berbagai atribut yang digunakan ialah topi, tanda pelantikan. pandu dunia tanda lokasi, badge wilayah, gudep dan papan nama. Terdapat pula tanda barung serta TKU dan TKK.

Pemasangan atribut pramuka siaga putri

Tanda tutup kepala yang digunakan berbentuk lingkaran yang memiliki warna hijau, tanda ini dipasang dibagian depan. Sementara tanda pandu dunia berwarna ungu berbentuk lingkaran bagi putri yang dipasang di kerah baju bagian kanan. Pemakaian atribut adalah salah satu  cara menjadi anggota pramuka untuk anak usia 7-1o tahun.

Tanda pengenal sebagai informasi anggota pramuka

Tanda pengenal siaga putri lainnya ialah badge daerah yang menunjukkan kwartir daerah anggota pramuka, badge ini dipasang di lengan sebelah kanan. Diatas badge, terpasang tanda gudep yang menginformasikan nomor gugus depan dimana anggota pramuka bergabung. Selanjutnya, tanda jabatan dikenakan di dada sebelah kanan dan berada di bawah lipatan baju.

Disiplin dengan cara berpakaian yang baik

Pramuka mengajarkan tentang bagaimana pentingnya kedisiplinan, kerja tim dan juga bagaimana mencintai Indonesia. Salah satu bentuk kedisiplinan paling mendasar adalah tentang cara berpakaian yang baik. Hal ini harus diikuti oleh semua anggota pramuka, termasuk anggota siaga yang merupakan tingkatan pertama. Diharapkan kedisiplinan terus berlanjut di kegiatan sehari hari.

Setelah membaca informasi mengenai seragam siaga putriini, diharapkan kamu sudah tidak bingung lagi mengenai ketentuan seragam dan atribut. Semangat menjalani kegiatan pramuka dan jadilah seorang pramuka yang berani dan hebat. Jangan lupakan Dwi Satya dan Dwi Dharma dalam kehidupan sehari hari. 

you're currently offline