delivering goodnews
#SetiapPramukaAdalahPewarta

Siapa Sherly Annavita, Gadis Cantik yang Berani Kritik Presiden Jokowi Itu?

Nama Sherly Annavita menjadi viral dan menjadi sorotan. Media-media mulai membicarakannya. Dikenal di kalangan milenial, dia adalah seorang influencer yang kerap membuat konten-konten positif, inspiratif dan motivasi di akun media sosial. Ternyata doi Pramuka juga loh.

Ga tanggung-tanggung. Ternyata Sherly motivator muda itu adalah Kak Sherly Annavita Rahmi, Purna Dewan Kerja Nasional (DKN) Gerakan Pramuka.

Purna Dewan Kerja Nasional (DKN)

Dikonfirmasi melalui Kak Yudha Adiaksa, benar, Kak Sherly tercatat sebagai anggota DKN berangkat dari Kwarda Nagroe Aceh Darussalam sejak tahun 2012 dalam masa bakti 2008-2013. Setelahnya, Kak Sherly melanjutkan masa bakti 2013-2018 sebagai wakil ketua. Namun 2015 ia meraih beasiswa untuk melanjutkan kuliah ke Autralia, maka keluar dari jajaran DKN.

Anak kedua dari tiga bersaudara ini terlahir dari pasangan Bapak Annafinas dan Ibu Yanti Elnida. Ia tercatat sebagai lulusan jurusan Master of Social Impact Investment, Swinburne University of Technology, Melbourne, Australia.

Di akun Instagram-nya, @sherlyannavita kerap memposting video atau foto terkait pandangannya terhadap persoalan bangsa yang sedang terjadi. Wanita kelahiran Aceh, 12 September 1992 ini juga kerap menjadi pembicara di berbagai seminar.

sherly annavita pramuka hormat
Foto: Sherly Annavita (IG)

Sebagai pramuka, ia kerap mewakili Indonesia ke forum-forum di luar negeri. Ia berangkat sebagai duta Gerakan Pramuka International Youth Forum in Laguna Phillipppines, Januari 2010. Di forum itu ia meraih predikat The Best Performance di pentas International Culture Day.

Ia pun piawai menulis. Prestasinya 2nd Best Paper of National Paper Competition in Kendari, Sulawesi Tenggara saat Perkemahan Putri Nasional (Perkempinas) 2009.

Prestasinya tidak hanya ngomong dan nulis

Diketahui, Sherly Annavita juga pernah menjadi finalis acara Pildacil tahun 2006 serta finalis Dai Muda di ANTV tahun 2012. Ia juga menjadi Runner-up acara reality show I Am President tahun 2013.

Berederet prestasi pun diraihnya. Dia menorehkan sebagai luluasn terbaik di SMP Yayasan Pendidikan Arun pada 2007 di Aceh. Tahun 2010-nya ia puas di posisi terbaik ke-3 di SMA pada yayasan yang sama.

Pada 2006 ia mencatatkan dirinya sebagai the 1st Winner of Speech Competition yang diselenggrakan Badan Perpustakaan Nanggroe Aceh Darussalam.

Segudang prestasinya bukan hanya urusan ngomong dan nulis. Berbagai kegiatan apresiasi budaya dan pariwisata ia geluti dan mengantongi catatan berderet juara.

Kak Sherly makin tenar sejak berbicara lantang di ILC

Kini pramuka putri asal Aceh itu pun semakin berkibar setelah viral membungkam Tsamara Amany di edisi ‘Perlukah Ibu Kota Pindah’ pada acara televisi nasional, Indonesia Lawyer Club (ILC), Selasa (20/8/19).

Kak Sherly Annavita merupakan senior-nya Tsamara di Universitas Paramadina. Kak Sherly kuliah di jurusan uubungan internasional dan Tsamara Amany adik kelasnya tapi di jurusan ilmu komunikasi.

Tsamara Amany sendiri telah lebih dulu berkali-kali nampang di ILC dan beberapa kali juga tidak berdaya di hadapan Fahri Hamzah dan Rocky Gerung. Sedangkan Kak Sherly berhasil ‘duduk sederet’ dan sepandangan dengan dengan Fahri Hamzah dan kawan-kawan.

Tsamara adalah satu dari sekian banyak calon legislatif yang gagal dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), senasib dengan Giring ‘Nidji’, dan Grace Natalie.