delivering goodnews
#SetiapPramukaAdalahPewarta

Temanmu Sulit Menerima Kritik? Begini Cara Menghadapinya

Setiap manusia pasti memiliki karakter masing-masing termasuk dalam cara menerima kritikan. Ada orang yang mudah menerima kritikan dan adapula yang sulit. Kesulitan orang menerima kritik, membuat sulit yang akan memberi kritik juga. Lalu bagaimana cara menghadapi orang yang sulit menerima kritik itu?

Inilah cara menghadapi orang yang sulit menerima kritik

Kita harus selalu memperhatikan cara berkomunikasi yang baik kepada siapa pun. Apalagi menyampaikan kritik kepada orang yang sulit menerimanya itu harus hati-hati. Jadi perhatikan cara-cara berikut ini.

Mulailah dengan percakapan ringan

Menghadapi orang yang sulit menerima kritik diperlukan pendekatan khusus. Salah satu bentuk pendekatannya adalah dengan memulai percakapan ringan. Kita tidak boleh langsung menyampaikan kritik kita. Melainkan kita sampaikan secara perlahan.

Mulailah dengan membicarakan hal-hal ringan seperti menanyakan apa saja aktivitasnya hari ini. Kemudian baru menyampaikan kritikan dan saran dari kita. Ingat perhatikan bahasa yang kita gunakan saat mengkritik. Jangan sampai menyinggung perasaannya.

Gunakan bahasa yang tepat

Penggunaan bahasa menjadi hal penting yang harus dilakukan saat kita menghadapi orang yang sulit menerima kritik. Sebelum berbicara, alangkah baiknya jika kita memikirkan dan merangkai bahasa yang tepat untuk menyampaikannya. Jangan menyindirnya, karena itu akan membuat orang tersebut semakin tidak mau menerima kritikan dari kita.

Berikan waktu sejenak

Saat kita menyampaikan kritik, kita juga harus memberikan waktu kepada orang dikritik untuk berbicara. Jangan sampai kita hanya mengkritik dan memberinya saran saja tanpa memberi kesempatan orang lain berbicara. Karena dibalik perilakunya pasti ada alasan mengapa dia melakukannya.

Berikan waktu dan kesempatan untuknya berbicara. Karena dengan demikian, akan memudahkan untuk menerima kritik dari kita. Sehingga dia bisa merenungkan dan memperbaiki kesalahan yang telah diperbuatnya.

Jangan menghindarinya

Kita pasti akan merasa bingung ketika harus menghadapi orang yang sulit menerima kritik. Sehingga biasanya kita akan lebih memilih untuk menghindar dan tidak menyampaikan kritik kita.

Sebaiknya kita tidak boleh menghindarinya. Justru kita harus menyampaikan kritikan itu agar orang tersebut mulai terbiasa untuk menerima kritikan.

Bagaimanapun karakternya selalu komunikasikan dengan baik

Seburuk apa pun orang itu menerima kritikan. Kita harus selalu bisa menyampaikannya dengan komunikasi yang baik. Karena ketidakmauan orang menerima kritik itu bisa saja disebabkan oleh kurang baiknya cara komunikasi kita.

you're currently offline