delivering goodnews
#SetiapPramukaAdalahPewarta

Coba Lakukan Tips Menarik Minat Latihan Anggota Baru Ini

Menarik minat latihan pramuka untuk anggota baru biasanya agak sulit jika dilakukan diera modern saat ini. Banyak alasan mengapa lebih tertarik dengan perkembangan modern dibandingkan dengan pramuka. Oleh karena itu, seorang pembina atau pelatih harus bisa menarik minat anggota barunya agar bisa terus mengikuti latihan.

Lakukan inovasi baru untuk menarik minat latihan anggota baru 

Diperlukan usaha yang ekstra dan berbeda untuk menarik minat latihan pramuka. Apalagi jika anggota pramuka ini baru saja bergabung. Agar anggota baru selalu semangat mengikuti latihan, maka kita harus berinovasi dengan mengikuti perkembangan zaman. Sehingga bisa menciptakan suasana yang bisa menarik minat latihan.

Buatlah kesan dipertemuan pertama

Saat pertemuan pertama latihan, pembina atau pelatih harus bisa memberikan kesan yang baik dan menyenangkan kepada anggota. Jangan terlalu serius saat pertemuan pertama latihan dengan anggota baru. Misalnya memulai perkenalan dengan suasana yang aktif, seperti dibuat permainan atau inovasi lainnya.

Dengan memberikan kesan baik, anggota baru akan tertarik dan berminat untuk terus mengikuti latihan. Akan lebih baik lagi, jika kesan menyenangkan ini bisa didapatkan juga oleh anggota pada pertemuan berikutnya. Agar konsistensi minat latihan anggota baru bisa terjaga.

Berilah pemahaman tentang pentingnya latihan

Seringkali saat pertemuan pertama latihan, pembina atau pelatih hanya memberikan kesempatan waktu untuk berkenalan satu sama lain antar anggota baru. Padahal seharusnya, pembina atau pelatih itu memberikan juga pemahaman tentang pentingnya latihan pramuka itu.

Sehingga anggota baru akan terbuka pikirannya dan timbul kesadaran untuk mengikuti latihan. Karena anggota baru telah diberi mindset bahwa latihan pramuka itu penting dan banyak manfaat yang bisa diambil.

Buktikan jika latihan pramuka itu menyenangkan

Dibeberapa pertemuan awal latihan, seorang pembina atau pelatih harus mampu membuktikan kepada anggotanya bahwa latihan pramuka itu tidak membosankan, melainkan menyenangkan. Untuk membuktikannya, bisa dengan melakukan kegiatan latihan yang lebih menarik dan inovatif.

Berikan kesempatan anggota untuk aktif

Anggota pramuka yang baru akan memiliki berbagai karakter. Ada yang malu-malu dan ada juga yang berani dan aktif. Maka sama ratakanlah keberanian anggota baru ini untuk selalu aktif disetiap latihan. Misalnya mengharuskan berbicara dengan cara bertanya atau berpendapat.

Maka anggota baru mau tidak mau akan diharuskan untuk aktif. Cara ini tentu akan membuat anggota baru semakin tertarik untuk mengikuti latihan selanjutnya. Karena merasa senang dengan keaktifannya tersebut. Juga merasa dihargai saat mengikuti latihan.

Lakukan dengan sungguh-sungguh

Menarik minat latihan tidak akan sulit dilakukan oleh pembina atau pelatih jika dilakukan dengan sungguh-sungguh. Kegiatan yang lebih inovatif juga secara otomatis akan membuat anggota baru tertarik untuk mengikuti latihan. Tak ada hal yang tidak mungkin, jadi jangan pernah takut untuk mencoba hal baru.

you're currently offline