delivering goodnews
#SetiapPramukaAdalahPewarta

Masih Boros? Cobalah Tips Mengatur Uang Bulanan Ala Pramuka Ini

Anggota pramuka harus cerdas dalam mengatur uang sehingga bisa berhemat. Jangan ngaku anak pramuka kalau masih belum bisa mengatur uang. Jika tidak mengatur uang bulanan, maka kita akan boros dan pasti merasa sengsara di akhir bulan. Agar tidak boros, kamu harus tahu dan melakukan tips mengatur uang bulanan ala pramuka ini.

Konsisten saat mengatur uang bulanan

Kamu yang biasa menerima uang bulanan baik itu dari orang tua maupun gaji sendiri harus bisa mengelolanya dengan baik. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatur uang bulanan. Namun kadang kita sulit melakukannya karena tidak bisa konsisten. Inilah tantangan saat mengatur uang bulanan, jadi kuncinya kita harus konsisten dengan apa yang sudah kita atur dan kelola.

Buatlah anggaran bulanan

Saat kamu mendapatkan uang bulanan, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat anggaran. Buatlah anggaran sesuai kebutuhan. Mulai dari kebutuhan sehari-hari seperti makan, biaya transportasi, biaya kosan, listrik, biaya kesehatan, sampai biaya liburan dan yang lainnya.

Buatlah anggaran sedetail mungkin dan seminimal mungkin. Jangan sampai anggaran bulanan yang kamu bbuat melebihi jumlah uang bulanan kamu. Dengan membuat anggaran bulanan, kamu bisa mengontrol pengeluaran kamu.

Buat juga anggaran hariannya

Setelah membuat anggaran bulanan, kamu juga harus membuat anggaran harian. Misalnya kamu sudah mengatur uang makan dan transport dalam waktu satu bulan. Maka kamu harus membaginya lagi untuk satu hari. Jangan sampai kamu menggunakan uang melebihi anggaran harian.

Harus bisa mengontrol diri untuk kebutuhan yang tidak perlu. Sehingga akan lebih baik jika anggaran harian itu tidak sepenuhnya digunakan dan bisa disimpan untuk tabungan.

Pisahkan uang sesuai anggaran yang sudah dibuat

Setelah membuat anggaran bulanan dan harian. Yang harus dilakukan selanjutnya adalah memisahkan uang sesuai anggaran. Jangan sampai menyimpan semua uang di satu tempat. Kamu bisa menggunakan amplop yang sudah diberi nama sesuai anggaran. Atau kamu juga bisa menyimpannya di rekening tabungan yang berbeda sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat.

Dahulukan untuk membayar tagihan

Kebiasaan yang sering terjadi saat menerima uang bulanan adalah ingin segera membelanjakannya. Tentu saja kamu harus menghindari perilaku ini. Lebih baik mendahulukan untuk membayar tagihan. Tujuannya agar kamu bisa lebih leluasa menggunakan uang untuk kebutuhan lainnya.

Jangan lupa biasakan menabung

Sisihkan uang bulanan kamu untuk ditabung. Biasakan untuk menabung secara bulanan dan juga harian. Dengan demikian kamu bisa berhemat. Selain hemat, kamu juga bisa menggunakannya untuk kebutuhan yang tak terduga.

Buat laporan harian

Sebesar apa pun pengeluaran kamu, catatlah dilaporan harian. Kamu bisa mengontrol pengeluaran setiap harinya. Jadi ketika sudah melebihi batas anggaran harian, maka kita bisa menahan diri dan menghemat pengeluaran dihari selanjutnya.

Selalu patuhi aturan yang kamu buat

Sepandai apa pun mengatur uang jika tidak dipatuhi dan dilaksanakan tidak akan ada hasilnya. Jadi selalu patuhi aturan yang sudah kita buat.

you're currently offline