delivery goodnews

Biasakan Sejak Dini, Inilah Tips Mengatur Uang Saku Untuk Pelajar

Seorang pelajar biasanya masih mendapatkan uang saku dari orang tua. Uang saku diberikan setiap hari karena usia pelajar biasanya masih tinggal serumah bersama orang tua. Kebiasaan menerima uang setiap hari ini, membuat pelajar menjadi boros dan sulit untuk mengatur uang saku. Agar tidak boros, cobalah lakukan tips mengatur uang saku ini.

Apa saja tips mengatur uang saku untuk pelajar?

Mengatur uang saku memang terlihat mudah namun ternyata sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu harus dibiasakan mengatur uang saku sejak kecil agar terbiasa hingga dewasa nanti. Hal pertama yang harus dilakukan saat menerima uang saku adalah membaginya sesuai kebutuhan.

Kelompokkan uang sesuai kebutuhan

Ketika kita menerima uang saku harian pasti jumlahnya sedikit. Namun jangan menyepelekan jumlah yang sedikit itu. Kamu harus tetap mengelompokkan uang saku itu akan digunakan untuk apa saja.

Misalnya dalam sehari diberi uang saku 15.000. Kamu bisa membaginya 5000 untuk ongkos, 5000 untuk jajan, dan 5000 sisanya untuk tabungan. Dengan membaginya seperti ini, kamu akan terbiasa untuk mengatur pengeluarannya. Jadi kamu bisa belajar berhemat dan tidak boros.

Selalu sisihkan untuk tabungan

Sebelumnya kamu sudah mengelompokkan uang yang akan digunakan. Tentu kamu sudah memisahkan uang saku harian itu untuk ditabung. Akan lebih baik jika ingin menabung, kamu tidak hanya fokus pada uang yang sudah dipisahkan. Kamu juga bisa menabung dari sisa uang jajan.

Tidak jajan juga tidak apa-apa bukan? Uangnya akan lebih baik untuk disimpan dan ditabung. Buatlah tabungan yang aman dan sulit untuk diambil uangnya. Misalnya di celengan keramik atau kamu bisa menabung di bank menggunakan program khusus untuk pelajar.

Jangan melanggar peraturan

Saat kamu mengelompokkan uang saku, kamu juga harus membuat aturan untuk tidak menggunakan uang yang bukan sesuai kebutuhannya. Misalnya kamu sudah menyisihkan uang untuk ditabung. Tapi kamu ingin menggunakannya untuk jajan. Sebaiknya, jangan dilakukan.

Jika terjadi seperti itu, kamu harus bisa menahan keinginan menggunakan uang itu. Jangan sampai melanggar peraturan yang sudah kamu buat. Jangan menggunakan uang tabungan itu untuk jajan. Harus disiplin dan menahan diri terhadap keinginan yang tidak perlu.

Hemat pangkal kaya

Belajar hemat sejak kecil dan disiplin terhadap segala hal termasuk dalam mengatur uang saku. Hemat bukan berarti pelit. Tapi hemat itu belajar menyisihkan uang untuk keperluan yang tak terduga.

you're currently offline