in

Inilah 5 Tips Menyampaikan Kritik dan Saran Kepada Teman

tips menyampaikan kritik
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menyampaikan kritik dan saran. Oleh karena itu, cobalah tips menyampaikan kritik dan saran ini.

Menyampaikan kritik dan saran kepada seseorang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi jika kritik dan saran itu diberikan kepada teman sendiri. Dalam SKU Penegak Bantara disebutkan bahwa anggota pramuka harus berani dan bisa memberikan kritik dan saran kepada teman dengan sopan dan santun. Berikut adalah tips menyampaikan kritik dan saran kepada teman.

Sampaikan kritik dan saran dengan baik

Selalu perhatikan situasi dan kondisi saat kita akan menyampaikan kritik atau saran kepada orang lain. Jangan asal mengeluarkan kata-kata tanpa memikirkan dampak setelahnya.

Perhatikan waktu dan kondisi yang tepat

Mengkritik seseorang dirasa lebih mudah dibandingkan dengan mengkritik diri sendiri. Tapi terkadang sulit jika harus mengkritik seorang teman, apalagi jika dia adalah teman dekat. Oleh karena itu, saat akan menyampaikan kritik kepada teman. Kita harus tahu terlebih dulu kondisi dan suasana hati teman kita.

Jangan menyampaikan kritik ketika kondisi teman kita sedang tidak baik, misalnya sedang penuh masalah, sedih, atau sakit. Karena itu hanya akan memperburuk keadaan. Perhatikan pula waktu yang tepat untuk menyampaikan kritik dan saran pada teman kita.

Sampaikan dengan bahasa yang tidak menyinggung

Sebelum berbicara, pasti sebelumnya kita sudah memikirkan apa yang akan kita katakan. Tidak hanya memikirkan yang akan dikatakan, tapi pikirkan pula bahasa penyampaiannya. Sampaikanlah kritikan itu dengan bahasa yang santun dan tidak menyinggung perasaan teman kita. Jangan sampai teman kita tersinggung dan tidak menerima kritik dan saran kita.

Jangan mengkritik di depan orang banyak

Jangan pernah ceroboh saat menyampaikan kritik kepada teman. Apalagi jika kita menyampaikan kritik kepada teman di depan umum atau orang banyak. Karena ini bukan membuat teman menjadi lebih baik. Tapi justru akan membuatnya malu dan mungkin akan mengubah perilakunya. Sampaikanlah kritik itu secara personal kepada teman kita. Sehingga tidak akan ada orang lain yang tahu akan kritikan pada teman kita itu.

Kritik tindakannya bukan orangnya

Ingat! saat mengkritik, bukanlah orang atau teman kita yang harus dikritik. Melainkan tindakan atau perilakunya yang kurang baiklah yang harus dikritik. Jadi jangan sampai salah saat menyampaikan kritik kita. Itulah mengapa penting untuk memikirkan terlebih dahulu apa yang akan kita kritik pada seorang teman.

Berikan solusi

Memberikan kritik, berarti harus pula memberikan saran dan solusinya. Jangan sampai menyampaikan kritik tapi tidak memberikan solusi kepada teman kita. Karena itu akan mengganggu pikirannya. Saat teman mendapat kritik tapi tidak mendapat solusi, maka dia sendiri yang akan memikirkan solusinya. Oleh karena itu, sampaikanlah kritik sambil memberi jalan keluar dan solusinya.

Berkatalah dengan jujur dan sopan

Pramuka harus tahu kapan, dimana dan bagaiamana cara kita menyampaikan kritik. Jangan membohongi teman kita sendiri. Jika memang harus ada yang dikritik dan diberi saran, maka sampaikanlah. Jujurlah dengan apa yang akan disampaikan namun tetap memperhatikan etika dan sopan santun terhadap teman.

Report

What do you think?

tips memimpin diskusi

Pramuka Harus Tahu 5 Tips Memimpin Diskusi Ini

manfaat kritik

Tahu Gak Sih Manfaat Kritik? Ini Jawabannya