in

Tri Saka Dipertemukan dalam Perkemahan Pramuka Bhakti Nasional 2019

tri saka kemah bakti nasional 2019

Cibubur – Saka Wira Kartika, Saka Bahari, dan Saka Dirgantara (Tri Saka) mengikuti Perkemahan Pramuka Bhakti Nasional yang bertempat di Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur Jakarta, (30/10/19). Perkemahan ini berlangsung 29 Oktober – 1 November 2019.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjadi sarana pertemuan Pramuka dalam bentuk perkemahan, guna memberikan pengalaman, mengembangkan sikap bertanggung jawab serta membina kerja sama dan persatuan antar anggota Gerakan Pramuka.

Peserta membludak

Perkemahan kali ini merupakan salah satu perkemahan dengan peserta terbanyak, dihadiri berbagai lapisan.

Jumlah peserta sekitar 1.295 orang yang terdiri dari: 600 peserta (558 peserta didik dan 42 pendamping), 80 orang pendukung, 50 orang TNI, 30 orang dari Kwarnas, 35 orang Korsik Mabes TNI, dan 500 orang pasukan Demonstrasi.

Integrasi tri saka

Adapun tema dari Perkemahan Pramuka Bhakti Nasional “Melalui Integrasi Pramuka Saka Wira Kartika, Saka Bahari, dan Saka Dirgantara (Tri Saka) kita kobarkan semangat bela negara guna menjaga tetap tegaknya NKRI “. Dengan moto “Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan”.

Demonstrasi Gantole (Foto: Yudhi)

Sasaran utama dalam perkemahan pramuka bhakti ini adalah terwujudnya rasa persatuan dan kesatuan antar saka, terwujudnya pemahaman tentang wawasan kebangsaan, terbinanya kerja sama dan persaudaraan generasi muda, terbinanya wadah penyaluran cita-cita generasi muda, dan tercapainya peningkatan kemampuan pada masing-masing saka.

Dihadiri berbagai tokoh

Pembukaan perkemahan dihadiri berbagai tokoh dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, para Wakil Ketua Kwarnas yaitu Kak Supriyadi, Kak Berthold, Kak Suyatno, Kak Hasto, dan Kak Kingkin serta para andalan nasional: Kak Laiyin, Kak Dedi Wibowo, Kak Soenarto, Kak Triadi, Kak Robby Zulpandi serta Ka Buperta dan staf Kwarnas.

Selain dihadiri para tokoh pramuka, kegiatan ini dihadiri tokoh tersohor Tentara Nasional Indonesia, yakni Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI, Mayor Jenderal TNI George Elnadus Supit, S.Sos. mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. untuk membuka Perkemahan Pramuka Bhakti Nasional 2019.

Report

What do you think?

tni pramuka

Panglima TNI: Pramuka Harapan Kejayaan Bangsa Indonesia

baim setiawan kwarda jabar

Kerjasama dengan IPB, Pramuka Jawa Barat Bisa Masuk Kuliah Tanpa Tes