delivering goodnews
#SetiapPramukaAdalahPewarta

Wagub Seruyan Membuka Gebyar Pesta Siaga Pramuka Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah

Seruyan – Gebyar pesta siaga tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Wilayah II telah dilaksanakan di halaman kantor Bupati Seruyan. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Seruyan, Hj. Iswanti, Sabtu (9/11/2019).

Selain dihadiri Wakil Bupati Seruyan, kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kalteng, Mofid Saptono Subagio. Menjaga satuan terdepan gerakan pramuka.

Perkembangan gerakan pramuka sangat maju

Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran dalam sambutannya yang diwakilkan dan dibacakan oleh Wakil Bupati Seruyan mengatakan, pada saat ini perkembangan gerakan pramuka sangat maju. Dia mengajak agar bersama menjaga keberadaan satuan-satuan terdepan gerakan Pramuka untuk dibina dan dikembangkan.

“Hal tersebut dalam rangka mencapai kaum muda Indonesia khususnya Kalimantan Tengah agar berwatak dan berkepribadian luhur serta memiliki jiwa bela negara yang handal,” katanya.

Menurut Gubernur, gerakan pramuka sangat tepat bagi guru untuk dijadikan sebagai kegiatan ekstrakurikuler sebagaimana amanat Permendikbud nomor 63 tahun 2014 tentang pendidikan kepramukaan sebagai ekskul wajib di satuan pendidikan dasar dan menengah.

Sugianto sabran juga menekankan sebagai orang tua berkewajiban untuk membimbing, mendukung dan membantu anak dalam mengikuti pendidikan kepramukaan. Untuk mewujudkan hal tersebut, sangat diperlukan peran berupa dukungan orang tua untuk kesuksesan pendidikan gerakan pramuka yang berada di Gugusdepan.

Tiga harapan gubernur

Ada tiga harapan gubernur dalam sambutan yang dibacakan oleh Wakil Bupati Seruyan, yakni :

Pertama, kegiatan pesta siaga yang dilaksanakan sekarang dapat menghasilkan Pramuka Siaga yang disiplin, setia kawan, sederhana, jujur, cerdas dan penuh semangat serta mengamalkan Dwi Satya dan Dwi Darma.

Kedua, lomba yang dilaksanakan dapat melatih Pramuka Siaga untuk menambah wawasan dan pengalaman, seni budaya dan ketangkasan dan kekompakan yang memuat nilai kemandirian, kerjasama, nasionalisme, tolong-menolong dan keberanian.

Ketiga, dewan juri agar benar-benar menilai secara objektif dan tidak memihak kepada barung tertentu.

Kemudian, kegiatan diteruskan dengan pembukaan lomba gebyar pesta siaga oleh Wakil Bupati Seruyan yang ditandai dengan pemukulan gong dan foto bersama. Kegiatan berlangsung meriah dengan antusias dari para peserta.