Bandung –  Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional 2019 Tingkat Kota Bandung. Pemerintah Kota Bandung saat ini lebih memfokuskan program pendidikan pada pembangunan sumber daya manusia. Hal tersebut sesuai dengan visi kota Bandung yakni Unggul, Nyaman, dan Sejahtera.      

“Pendidikan itu bukan sekadar transformasi kecerdasan, tapi mampu mendidik para siswa menjadi anak yang berkarakter,” ujar Wali Kota Bandung, Oded M. Danial pada Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional tingkat Kota Bandung di Plaza Balai Kota Bandung, Kamis (2/5/2019).

Menurut Oded, Pembangunan karakter itu dimulai dari menanamkan nilai-nilai kasih sayang kepada para murid. Dengan begitu, para siswa diharapkan bisa lebih menghargai guru di sekolah.

“Pendidikan bukan sekadar tugas guru. Namun, pemerintah juga mendorong agar masyarakat bisa mengakses pendidikan lebih baik. Terlebih lagi, pemerintah juga harus berupaya agar berbagai pihak bisa turut mendukung pendidikan, terutama orang tua,”jelas Oded.

Baca  Ridwan Kamil: Pramuka Kota Bandung Harus Jadi Pelopor Perubahan

Pada acara bertajuk “Menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan”, tersebut dihadiri sejumlah pihak, khususnya yang terkait dengan dunia pendidikan di kota Bandung.

 Usai acara pokok dilanjutkan dengan beberapa kegiatan lainnya diantaranya penyerahan piagam penghargaan dan penyamatan Siaga Garuda kepada 6 siswa SDT Krida Nusantara. Penyematan tersebut dilakukan langsung walikota Bandung, Oded M. Danial.

“Siaga garuda adalah wujud pendidikan karakter. Setiap tahunnya insya Allah SDT Krida Nusantara akan melahirkan siaga garuda. Karena itu program siaga garuda dapat meningkatkan spirit siswa guna belajar lebih tekun dan lebih disiplin dan tak kalah pentingnya lebih giat dan khusyuk menjalankan ibadah terhadap Allah swt sebagai salah wujud nyata sekolah sehat,”ujar Kepala SDT Krida Nusantara (Kamabigus Basis SD Krida Nusantara Gugus Depan 23061-23062 SDT Krida Nusantara) Asep Dani Mardiani, S.Pd.

Baca  IGI Indonesia Upayakan Peningkatan Kualitas Guru

Adapun nama-nama siaga garuda adalah sebagai berikut  Aninditha Zaqeeya Azzahra (Kls.5), Nadia Elvaretta Putri Mustofa (Kls.5), Agni Paramitha Reinissa (Kls.5),Casyta Putri Khirana (Kls.5),  Aldian Ahmad Matin (Kls.5),dan Raras Nutiefna Damayanti (Kls.5).

Turut mendampingi para penerima siaga garuda tersebut Citra Herna , Spd (pembina) dan Nono Daryono M.Ag (pembina). Termasuk dari Kwarcab Kota Bandung kak Deny (Andalan Cabang Bidang Bina Muda) dan Sri Winggowati (Andalan Cabang Bina Muda).

“Setiap tahun ada 3 kali pembinaan calon siaga garuda sesuai dengan program kerja. Target kedepan setiap tahun pihak Kwarcab selalu memberikan surat edaran tentang pengajuan calon siaga garuda ke Basis-Basis yang ada di Kota Bandung melalui Kwartir Ranting masing-masing,”ujar kak Sri Winggowati.

Baca  Kwarcab Garut Gelar Upacara HUT Pramuka Ke-57 2018

Sumber: SDT Krida Nusantara/ Kwarcab Kota Bandung/ Benny K/Scout.ID/BSN