delivering goodnews
#SetiapPramukaAdalahPewarta

Kwarnas dan Kemendiknas Selenggarakan Workshop Sosialisasikan Pedoman Pramuka Prasiaga

Jakarta -Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyelenggarakan Workshop Pedoman Prasiaga. Pramuka prasiaga dirancang untuk pengembangan pendidikan karakter sejak usia dini tahun 2019.

Acara workshop dibuka secara resmi oleh Dr. Wartanto, selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Hotel Santika TMII, Jakarta, Senin malam (12/08/2019).

Memperkuat pendidikan karakter usia dini

Dipertegas oleh dukungan Direktorat Jenderal PAUD (Pendidikan Usia Dini) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan golongan Pramuka Prasiaga siap diluncurkan.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Kak Budi Waseso dalam sambutan yang disampaikan oleh Waka Kwarnas/Ketua Komisi Saka Sako dan Gusdarma, Laksamana Muda TNI (Purn) Kak Kingkin Suroso mengatakan Pramuka Prasiaga merupakan golongan baru yang ada di dalam gerakan pramuka.

“Keberadaan Pramuka Prasiaga harus melalui pengkajian yang lebih mendalam sebelum diluncurkan. Ka Kwarnas merasa bangga karena peserta workshop adalah orang-orang yang sangat luar biasa dan selalu terjun langsung atau berkecimpung dalam Dunia Pendidikan Usia Dini,” ujar Kak Budi Waseso.

Oleh karena itu, mereka datang mewakili dari berbagai daerah yang mempunyai tugas sangat luhur untuk mendidik generasi emas, anak usia dini, yang belum masuk ke jenjang pendidikan siaga.

Kak Budi Waseso memaparkan hasil munas Gerakan Pramuka 2018 nomor: 07/Munas2018 tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka disebutkan untuk anak-anak yang belum berusia 7 tahun, dapat ditampung dalam kelompok Prasiaga.

Pramuka Prasiaga akan Diluncurkan saat Hari Pramuka Ke-58

Workshop ini sangat penting guna menyiapkan pembahasan dalam rencana peluncuran Pramuka Prasiaga pada Hari Pramuka ke-58, 14 Agustus 2019 mendatang. Secara teknis atau petunjuk pelaksanaan kegiatan dapat disusun sesuai dengan peraturan yang ada dalam Gerakan Pramuka.

Diikuti sekitar 34 orang perwakilan dari 34 kwarda, 29 orang mewakili UPT Pusat Dirjen PAUD dari seluruh Indonesia. KEseluruhan peserta dilengkapi dari Unsur Kwarnas, Kemendikbud serta perwakilan dari Organisasi kemitraan Guru PAUD. Workshop yang berlangsung 12-14 Agustus 2019, memiliki tujuan untuk mendukung diluncurkannya Pedoman Pendidikan Karakter Pramuka Prasiaga Pendidikan Usia Dini.

Foto: Yudhi (Scoutradio)

you're currently offline