Kuala Lumpur – Seperti sebuah metamorfosis, logo World Organization of the Scout Movement (WOSM) kini tampil lebih segar dan modern. Perubahan ini tidak sepenuhnya mengubah elemen logo lama, namun mempertegas beberapa aspek dengan pilihan background warna yang lebih beragam.
Logo lama WOSM menampilkan bunga lili yang tebal, kini menjadi lebih ramping dan sedikit memanjang, simbol pertumbuhan dan perkembangan. Tali simpul yang mengelilingi bunga lili juga berubah dari putus-putus menjadi lebih tegas dan menyatu, memberikan kesan kohesif dan kuat.
Alasan Pembaruan Logo
Perubahan logo ini merupakan bagian dari persiapan WOSM menyambut dekade baru kepanduan dan implementasi Strategi Baru untuk Kepanduan. Logo ini diharapkan menjadi wajah baru yang lebih berani, modern, dan digital.
Menurut Ahmad Alhendawi, Sekretaris Jenderal WOSM, logo baru ini adalah langkah untuk memposisikan dan mempromosikan organisasi sebagai gerakan pemuda yang terdepan, inspiratif, dan inklusif di dunia.
“Yang akan memposisikan dan mempromosikan kami dengan lebih baik sebagai gerakan pemuda terdepan, paling inspiratif, dan inklusif di dunia yang sejalan dengan prioritas Strategi Kepramukaan berikutnya,” ujarnya pada Senin (5/8/2024).
Proses dan Rincian Pembaruan
Pembaruan logo ini merupakan hasil dari proses tender terbuka sejak Oktober 2022. Tim yang terdiri dari staf dan sukarelawan Biro Kepanduan Dunia bekerja sama dengan agensi kreatif dan desain kelas dunia. Penelitian mendalam dilakukan untuk memahami persepsi logo saat ini, termasuk analisis sentimen online dan berbagai kelompok fokus.
Setelah konsultasi ekstensif, logo baru ini disetujui oleh Komite Kepanduan Dunia pada Mei 2024. Beberapa elemen utama dari logo yang diperbarui meliputi:
- Strategi dan Kerangka Kerja Brand: Narasi logo yang berpusat pada misi inti Kepanduan.
- Lambang Kepanduan Dunia: Desain ulang yang tetap menjadi simbol Gerakan Kepanduan.
- Logo dan Tanda Kata Kepanduan Dunia: Variasi modern dari Lambang Kepanduan Dunia.
- Slogan: “Ready for Life” menggantikan slogan lama “Creating a Better World”.
- Warna: Palet warna cerah dengan warna ungu sebagai elemen utama.
- Tipografi: Font yang unik dan segar.
- Elemen Sekunder yang Kreatif: Desain grafis untuk aplikasi yang lebih luas.
Logo yang telah diperbarui ini kini diluncurkan di seluruh saluran komunikasi dan platform website.
“Saat ini, brand yang telah diperbarui sedang diluncurkan di seluruh saluran komunikasi dan platform website dan akan diintegrasikan ke dalam pengalaman Konferensi Kepanduan Dunia ke-43 yang akan berlangsung dalam beberapa minggu lagi,” tegas Alhendawi.
Langkah Selanjutnya
Beberapa perubahan penting yang akan segera diimplementasikan termasuk desain ulang scout.org, promosi logo di media sosial, peningkatan paket alat tulis, dan merchandise berlogo baru yang akan tersedia di Konferensi mendatang. Pedoman logo yang baru dan file logo utama kini tersedia di brand.scout.org untuk panduan penggunaan identitas visual yang konsisten dan efektif.
Ke depannya, platform digital baru ini juga akan menjadi rumah bagi perpustakaan media foto dan video WOSM dengan fitur-fitur AI yang memudahkan pencarian dan pembuatan konten.